Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Feb 2018 07:20 WIB

TRAVEL NEWS

Sudah Tahu? Ini Aneka Area Paling Kotor di Kamar Hotel

Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta -
Kamar hotel yang bersih adalah apa yang selalu didamba oleh traveler. Namun, ada beberapa area di kamar hotel yang diketahui paling kotor. Bagian apa saja?

Sejatinya, pihak pengelola hotel selalu rutin membersihkan kamar hotel sebelum tamu datang menginap. Hanya saja, ada saja bagian tertentu dari kamar hotel yang sering luput dari perhatian petugas kebersihan hotel.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Senin (19/2/2018), sebuah study pada pertemuan American Society of Microbiology di tahun 2012 menjelaskan kalau sekitar 81% permukaan di kamar hotel terkontaminasi oleh bakteri.

Area seperti tombol lampu dan remote TV merupakan beberapa yang disebut paling banyak bakteri, begitu juga dengan toilet dan wastafel yang penuh bakteri berukuran mikro.

Diungkapkan oleh pakar bakteri sekaligus Profesor Kesehatan Lingkungan dari Universitas Arizona, Kelly Reynolds, bahwa fakta tersebut sama sekali tidak mengejutkan.

Alasannya, area yang paling banyak disentuh oleh tamu hotel menjadi wadah bagi bakteri berkumpul. Setiap kali Anda menyalakan remote atau memencet tombol lampu, bakteri dari tangan akan berpindah ke objek lain. Contohnya seperti telepon hotel, keyboard atau tombol flush di toilet.

"Ketika Anda menekan tombol flush toilet, virus dan kotoran juga menyebar ke tembok toilet, pegangan toilet dan juga tembok kamar mandi," ujar Kelly seperti diberitakan media Time.

Di luar toilet, permukaan karpet dan seprai kasur juga perlu diwaspadai. Diungkapkan oleh Kelly, pihak hotel biasanya selalu mengganti handuk dan seprai sebelum tamu datang, tapi tidak selalu untuk seprai kasur.

Selain itu, bagian lain dari kamar hotel yang perlu diperhatikan adalah gelas minum dan cangkir teh yang biasanya disediakan oleh pihak hotel. Bisa saja wadah untuk minum itu mengandung bakteri apabila tidak dibersihkan dengan baik.

Oleh sebab itu dijelaskan oleh Kelly, kalau ada baiknya traveler membawa membawa tissue basah yang mengandung alkohol. Fungsinya adalah untuk membersihkan area-area yang rawan bakteri seperti remote tv dan permukaan toilet.

Trik lainnya adalah agar traveler menghindari memegang mulut atau wajah setelah memegang area yang rawan bakteri. Soalnya, bakteri bisa menyebar melalui tangan dan masuk ke dalam tubuh lewat mulut atau wajah.

Namun dari semuanya, ada satu cara paling penting untuk mencegah masuknya bakteri dari kamar hotel ke tubuh kita. Caranya pun cukup sederhana.

"Cuci tangan Anda sering-sering," tutup Kelly.

Bagaimana? Jadi sudah tahu kan area mana di kamar hotel yang rawan bakteri. Semoga berguna ya traveler!
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED