Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 11 Mar 2018 13:35 WIB

TRAVEL NEWS

Sampah di Laut Bali Pindah ke Kupang?

Bona
detikTravel
Foto: Sampah yang diduga dari Bali di laut Kupang (Ernez/d'Traveler)
Flores - Video Nusa Penida di Bali yang penuh sampah jadi viral baru-baru ini. Diyakini, sampahnya sudah berpindah ke Kupang.

Nusa Penida viral karena seorang penyelam merekam aksi divingnya di antara sampah. Sekarang perairan tersebut bersih tanpa ada jejak sampah.

Bukan hoax, hal tersebut merupakan aktivitas laut yang terus bergerak. Hal ini juga terbukti di perairan Kupang.


Tepatnya di Perairan Dermaga Fery di Bolok. Saat air laut sedang surut, sampah menggulung di perairan. Namun fenomena sampah ini hanya berlangsung sebentar.

"Kita turunnya sekitar jam setengah 9 pagi, kedalamannya sampai 10 meter" ujar Ernez Leo Penu, d'traveler Kupang, kepada detikTravel, Minggu (11/3/2018).

Sebagian sampah yang ada di laut (Ernez/d'Traveler)Sebagian sampah yang ada di laut (Ernez/d'Traveler)

Saat itu ernez hendak melakukan snorkeling dan free dive bersama komunitas Underwater Kupang. Bukan hanya ikan dan karang, sampah plastik pun berseliweran saat mereka melakukan snorkeling.

"Terus setelah air lautnya naik (pasang-red) mulai pada kurang sampe akhirnya hilang. Setengah jam snorkeling bareng sampah itu" kata Ernez.

Fenomena ini memang bisa terjadi karena adanya aktivitas laut berupa arus, pasang surut dan gelombang. Sehingga sampah-sampah tersebut tidak diam di satu perairan melainkan berpindah ke tempat lain.

(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA