Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 15 Apr 2018 12:20 WIB

TRAVEL NEWS

Maksaira, Festival Memancing di Kepulauan Sula Resmi Dibuka, Seru!

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Foto: (Johannes Randy/ detikTravel)
Foto: (Johannes Randy/ detikTravel)
Sanana - Hari ini Kepulauan Sula di Maluku Utara merayakan Festival Maksaira. Inilah festival memancing yang seru dan unik banget.

Pemencetan bel pun jadi penanda dimulainya festival. Tepat siang ini, Minggu (15/4/2018) pukul 12.00 WIT di Pantai Pengeringan, Festival Maksaira resmi dibuka oleh Bupati Kepulauan Sula, Hendrata Thes. Sebelumnya, acara didahului oleh pidato pembuka.

"Maksaira dimaknai sebagai pertemuan tokoh adat. Maksaira mengandung makna filosofi kedaerahan, seperti gotong royong untuk persatuan bersama," ujar Hendrata dalam pidato sambutannya.

Hendarata, Bupati Kepulauan Sula (Johanes Randy/ detikTravel)Hendarata, Bupati Kepulauan Sula (Johanes Randy/ detikTravel)

Dalam pelaksanaannya, Festival Maksaira yang telah kali kedua diadakan ini diharap menjadi ajang promosi perikanan hingga potensi wisata yang ada di Kepulauan Sula.

"Selain potensi kelautan dan perikanan, Sula punya panorama bawah laut yang masih unik dan lestari yang bisa dijual untuk wisata bahari," ujar Hendrata.

Untuk tahun ini, peserta Festival Maksaira pun diketahui mencapai angka 3.041 pemancing. Selain itu festival juga diramaikan oleh 713 sampan, 125 ketinting, 79 long boat, 248 kapal fiber, dan 12 kapal Jiob.
 (Johanes Randy/ detikTravel) (Johanes Randy/ detikTravel)

Rencananya, Festival Maksaira hari ini akan dilangsungkan dari pukul 11.00-15.00 WIT. Sekitar 3.000 peserta yang terdiri dari para pemancing akan hadir untuk berkompetisi memperebutkan predikat pemancing terbaik. Selain itu, juga akan ada penyerahan rekor MURI untuk festival dengan jumlah peserta mancing terbanyak. Ikuti terus keseruannya di detikTravel!

(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Sudah Tahu Chin Swee Temple?

Selasa, 17 Jul 2018 11:55 WIB

Tak jauh dari Kuala Lumpur, Genting Highland menawarkan suasana yang berbeda untuk melengkapi liburan. Ada Chin Swee Temple yang bagai berada di atas awan.