Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Apr 2018 14:25 WIB

TRAVEL NEWS

Promosi Wisata Bahari, Sabang Marine Festival 2018 Digelar

Afif Farhan
Redaksi Travel
Sail Sabang, event tahunan wisata bahari di Sabang (Eduardo Simorangkir/detikTravel)
Sail Sabang, event tahunan wisata bahari di Sabang (Eduardo Simorangkir/detikTravel)
Jakarta - Sabang di Aceh memiliki potensi wisata bahari yang menjanjikan. Maka itu, kembali digelar Sabang Marine Festival 2018

Kementerian Pariwisata mendukung Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) menggelar promosi wisata bahari Sabang Marine Festival (SMF) 2018 pada 26-30 April 2018 nanti. Event yang keempat ini bertema Sabang-Golden Marine Tourism Triangle.

Kepala BPKS, Sayid Fadhil mengatakan, Sabang Marine Festival merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh BPKS dalam rangka mempromosikan wisata bahari Indonesia, khususnya potensi wisata di Kawasan Sabang, meliputi Kota Sabang dan Pulo Aceh.

"Sabang Marine Festival 2018 merupakan event keempat yang dilaksanakan oleh BPKS pasca event Sail Sabang 2017, dalam rangka meningkatkan kerjasama segitiga emas wisata bahari Saphula (Sabang-Phuket-Langkawi)," kata Sayid Fadhil seperti dalam rilis Kementerian Pariwisata yang diterima detikTravel, Senin (16/4/2018).

Promosi Wisata Bahari, Sabang Marine Festival 2018 DigelarParade perahu hias di Sail Sabang 2017 (Eduardo Simorangkir/detikTravel)


Pada jumpa pers Sayid Fadhil didampingi Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kemenpar Dwisuryo Indroyono Soesilo. "Upaya tersebut telah membuahkan hasil yang positif dalam rangka mempromosikan Sabang ke dunia internasional. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) melalui jalur laut seperti menggunakan Cruise Ships dan Yacht," katanya.

Menurut Sayid Fadhil, sedikitnya ada 20 kapal yacht yang telah memberikan konfirmasi kehadiran untuk mengikuti Sabang Marine Festival 2018.

"Kemungkinan akan lebih dari 20 yacht, karena jika melihat saat awal 2015 dilaksanakan SMF, yacht yang hadir menunjukkan peningkatan. Bahkan sebelum acara ini dilaksanakan, sudah terlihat beberapa yacht yang telah singgah," ungkap Fadhil.

Peningkatan kunjungan yacht ini merupakan dampak dari SMF yang merupakan ajang promosi wisata bahari sekaligus memperkenalkan potensi wisata di Kawasan Sabang (Kota Sabang dan Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar). Apalagi telah ditunjuknya Pelabuhan Sabang sebagai salah satu pintu masuk kapal wisata cruise dan yacht di Indonesia, sesuai Peraturan Presiden No. 105 tahun 2015, telah menunjukkan perkembangan yang signifikan terhadap kunjungan kapal Cruise dan kapal wisata Yacht ke Sabang.

BACA JUGA: Bukan Bali, Pantai Pasir Putih Cantik Ini Asli Sabang

Pada SMF 2015, jumlah peserta sebanyak 17 yacht, meningkat menjadi 20 yacht pada 2016, dan 2017 sebanyak 23 yacht yang berasal dari berbagai belahan dunia. Negara-negara yang berperan serta di antaranya Selandia Baru, Jepang, Belanda, Australia, Filipina, Amerika Serikat, Denmark, Inggris, Kanada, Australia, Thailand, Swiss dan Spanyol.

Promosi Wisata Bahari, Sabang Marine Festival 2018 DigelarKapal-kapal yang datang pada Sail Sabang 2017 (Eduardo Simorangkir/detikTravel)


Deputi Komersial dan Investasi BPKS Sabang, Agus Salim menambahkan, sejumlah persiapan sudah dilakukan melalui sosialisasi di dalam dan luar negeri. BPKS juga telah melakukan roadshow ke Langkawi dan Pangkor Malaysia bersama tim dari Kementerian Pariwisata pada 3-8 April lalu. Roadshow dilakukan untuk mempromosikan event SMF 2018 dan juga memperkenalkan keindahan wisata bahari kawasan Sabang kepada para pelayar (yachties) di Langkawi dan Pangkor Malaysia.

"Ada 20 yacht dan akan tinggal di Sabang lebih dari seminggu, dan BPKS juga telah mempersiapkan tempat yang akan diresmikan yaitu Sabang Marina Club yg dipusatkan di CT 1 dan memiliki akses yang baik serta fasilitas yang baik berupa WIFI, TV Cable dan fasilitas pendukung lainnya," jelas Agus Salim.

BACA JUGA: Macet Hari Ini, Dosa Pembangunan Masa Lalu?

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

6 Tips Wisata ke Patung GWK

Rabu, 19 Sep 2018 18:45 WIB

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali menjadi ikon yang digemari turis. Agar wisata ke sana lebih maksimal, simak dulu tips berikut ini.