Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Sep 2018 07:25 WIB

TRAVEL NEWS

Curi Pasir Pantai di Negara Eropa Ini Bisa Didenda

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Pulau Sardinia di Italia (Visit Sardinia/Facebook)
Foto: Pulau Sardinia di Italia (Visit Sardinia/Facebook)
Cagliari - Tak hanya di Taman Nasional Komodo, pasir pantai di Pulau Sardinia, Italia juga banyak dibawa pulang turis. Kalau ketahuan bisa kena denda yang tidak sedikit.

Belakangan banyak traveler yang mengambil pasir pantai Taman Nasional Komodo, NTT, dan dimasukkan ke dalam botol buat dibawa pulang. Hal ini diketahui dari informasi yang didapat detikTravel dari sumber terpercaya, bahwa di Bandara Komodo, Labuan Bajo terjejer botol-botol berisi pasir itu. Ada pasir yang berwarna putih, ada juga yang berwarna pink.

Botol-botol berisi pasir pantai Botol-botol berisi pasir pantai (dok Istimewa/ Gapura Angkasa)
Nah, pasir pantai yang dibawa pulang turis ini tak hanya terjadi di dalam negeri saja, di berbagai destinasi wisata pantai mancanegara juga banyak ditemukan. Misalnya saja di Italia, tepatnya di Pulau Sardinia yang menjadi destinasi wisata pantai terpopuler di sana.

Dilihat detikTravel dari The Sun dan The Local, Senin (10/9/2018), saking seringnya pasir pantai di ambil, sebuah pantai bernama La Pelosa menerapkan aturan wisatawan tak boleh membawa handuk dan tas.

BACA JUGA: Astaga! Banyak Sitaan Botol Berisi Pasir Pantai di Bandara Komodo

Peraturan yang berlaku selama musim liburan tahun 2018 itu dilakukan karena biasanya wisatawan menyelundupkan pasir pantai di dengan handuk dan tas. Sedangkan secara menyeluruh, otoritas yang menaungi Pulau Sardinia telah mengeluarkan larangan membawa pulang pasir dari semua pantai.

BACA JUGA: Awas! Ambil Pasir Pantai Ada Hukumannya

Seperti diberitakan CNN, wisatawan yang kedapatan membawa pulang pasir pantai Sardinia akan didenda mulai dari 500 Euro (Rp 8,6 juta) sampai 3.000 Euro (Rp 52 juta). Selain pasir, aturan itu juga berlaku buat turis yang mengambil batu dan kerang.

La Pelosa di Sardinia (Thinkstock)La Pelosa di Sardinia (Thinkstock)
Para pencuri pasir tak selalu tertangkap basah di pantai, tapi biasanya ketahuan saat di bandara ketika melewati proses pemeriksaan keamanan. Sama seperti yang terjadi di Bandara Komodo. Pasir pun akan disita oleh petugas.

Selama 20 tahun belakangan, para inspektur keamanan bandara Sardinia telah mengumpulkan puluhan ton pasir dan lainnya yang diambil oleh turis. Mereka kemudian mengembalikan semuanya ke tempat aslinya, untuk menjaga kelestarian alam. (krn/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED