Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Sep 2018 18:30 WIB

TRAVEL NEWS

Revitalisasi Sungai Sekanak Palembang Terus Dikebut

Raja Adil Siregar
detikTravel
Foto: Sungai Sekanak di Palembang (Raja Adil Siregar/detikTravel)
Foto: Sungai Sekanak di Palembang (Raja Adil Siregar/detikTravel)
Palembang - Revitalisasi Sungai Sekanak Palembang, Sumatera Selatan sepertinya masih berlanjut. Meskipun begitu, anak Sungai Musi itu sudah mulai cantik dan bersih.

Pantauan detikTravel, Senin (24/09/2018), terlihat sejumlah pekerja sedang mengebut pengerjaan revitalisasi Sungai Sekanak. Mulai dari pengecatan dinding hingga pengerukan sampah yang berada di dasar sungai.

Pengerjaan terus dikebut supaya selesai sebelum memasuki musim penghujan. Di mana revitalisasi untuk mengatasi persoalan banjir dan kumuh, serta dinilai dapat mengurangi tingkat pencemaran air di Kota Pempek.

"Kalau sudah dibersihkan, dicat ulang ya pasti dapat mengatasi kawasan kumuh di bantaran sungai. Terutama yang ada di tepi Sungai Sekanak, secara perlahan masyarakat pasti menjaga lingkungannya masing-masing agar bersih," terang Wali Kota Palembang, Harnojoyo.

"Sebenarnya ada ratusan sungai di Kota Palembang, tetapi yang interkoneksi itu hanya Sungai Sekanak dan direvitalisasi untuk mengatasi kawasan kumuh, banjir, dan mengurangi pencemaran air," imbuh Harnojoyo.

(Raja Adil Siregar/detikTravel)(Raja Adil Siregar/detikTravel)
Harnojoyo menyebut, revitalisasi Sungai Sekanak sudah dimulai sejak tahun lalu. Namun dia ingin memaksimalkan anak Sungai Musi tersebut sebagai destinasi wisata yang ditarget selesai tahun 2020.

Panjang sungai yang akan direvitalisasi diperkirakan 10 km dan terbentang dari Pasar Sekanak sampai ke daerah Bukit Siguntang. Untuk merevitalisasi sungai sendiri diperkirakan menelan biayanya hingga Rp 256 miliar.

(Raja Adil Siregar/detikTravel)(Raja Adil Siregar/detikTravel)
"Kita nanti dapat pinjaman dana khusus untuk merevitalisasi Sungai Sekanak itu sebesar Rp 256 miliar. Sedangkan untuk panjang sungai yang direvitalisasi yakni 10 km dan ditarget selesai tahun 2020," kata Harnojoyo.

Sebagaimana diketahui, Sungai Sekanak direvitalisasi pada tahun 2017 oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Palembang. Dana 7,4 miliar telah digelontorkan untuk revitalisasi Sungai Sekanak pada tahap pertama sepanjang 1 km lebih.

Hari ini tepian sungai terlihat sudah dicat ulang, sungai dikeruk sedalam 3-4 meter agar kedalaman Sungai Sekanak tetap normal saat Sungai Musi pasang surut. Begitu juga dengan sempadan jalan yang terlihat sudah berjajar lampu taman.

BACA JUGA: Asyik! Bus Wisata Air di Palembang Siap Susuri Sungai Musi

Terlihat pula dinding telah dihiasi warna-warni dan dipenuhi mural. Tidak jarang warga menjadikan tepi Sungai Sekanak sebagai tempat berfoto selfie dan juga berkumpul saat sore hari.

Dalam beberapa kesempatan, Harnojoyo kerap menyebut Sungai Sekanak sebagai 'Venesia dari Timur'. Seluruh tepi sungai ditata supaya menjadi destinasi wisata baru di Palembang. (krn/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED