Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Okt 2018 13:50 WIB

TRAVEL NEWS

Bangkit Pascagempa, Lombok Timur Gelar Kontes Foto Pariwisata

Harianto Nukman
detikTravel
Ilustrasi Gunung Rinjani Lombok (Masaul/detikTravel)
Lombok Timur - Lombok sedang bangkit pasca bencana gempa. Untuk memulihkan pariwisata, dibikinlah kontes foto yang menarik.

Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, NTB, mulai berupaya menangkal pemberitaan negatif dan postingan hoaks di media sosial. Postingan itu memprovokasi pandangan masyarakat luar terhadap lesunya pariwisata di Lombok Timur pasca bencana gempa bumi.

Karena itu, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur melalui Dinas Pariwisata menggelar lomba promosi spot objek keindahan pariwisata di sana yang tak ikut terdampak bencana gempa bumi.

Dihubungi detikTravel, Jumat (5/10/2018), Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas pada Dinas Pariwisata Lombok Timur, Ahyak Mudin mengungkapkan, pasca bencana gempa bumi banyak ditemukan postingan negatif yang beredar di media sosial tentang kondisi dan situasi buruk.


"Banyak sekali kami temukan postingan negatif di media sosial yang berbau hoaks tentang Lombok Timur yang hancur dan katanya semua wilayahnya rata dengan tanah. Postingan seperti itu kan berdampak terhadap pariwisata," terang Mudin.

Padahal, lanjut Mudin, diketahui tidak semua wilayah Lombok Timur terdampak, hanya sebagian saja di wilayah bagian timur dan utara.

Atas dasar itu, sebagai ajang promosi dan bangkit dari keterpurukan serta adanya masukan dan saran dari para pelaku pariwisata di Lombok Timur, pihak Dinas Pariwisata mengadakan kegiatan lomba bertajuk Kontes Posting Foto Nuansa Indahnya Pariwisata Lombok Timur.

Kostes itu digelar dari tanggal 1-10 Oktober 2018. Puncaknya nanti dirangkai dengan gelar Jambore Pokdarwis Kabupaten Lombok Timur yang rencana tempatnya diadakan di Kecamatan Sambelia pada 11 Oktober mendatang.

Teknis kontes posting foto nuansa indahnya pariwisata di Lombok Timur itu sendiri, yaitu dengan memposting destinasi yang ada di Lombok Timur via Facebook dengan hastag #DisparLombokTimur dan #LombokTimurBangkit. Pemenang dinilai dari banyaknya jumlah like dan share dari postingan tersebut.

Tujuannya dari kontes itu untutk membangkitkan pariwisata di Lombok Timur pascagempa dengan harapan makin banyak orang yang share, maka makin banyak orang akan tahu Lombok Timur aman dan masih nyaman untuk dikunjungi. (fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA