Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Okt 2018 19:00 WIB

TRAVEL NEWS

Yachter Dunia Antusias Ikuti Wonderful Sail to Indonesia di Kalteng

Akfa Nasrulhak
detikTravel
Foto: Kominfo Kalteng
Foto: Kominfo Kalteng
Jakarta - Peserta Yacht Rally Wonderful Sail to Indonesia dari berbagai negara datang mengunjungi Rumah Betang di Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah. Kedatangan mereka disambut dengan beragam atraksi budaya lokal khas Kobar.

Di ruang utama rumah betang, mereka disambut oleh Bupati Kobar Nurhidayah dan suami yang merupakan tokoh Kobar, serta Ketua DPRD Kobar Triyanto, dan Anggota DPR RI Hamdhani.



Ketua Dewan Adat Dayak Kalteng Agustiar Sabran dan Ketua Tim Percepatan Pembangunan Kalimantan Tengah Berkah, Laksmana (purn) Marsetio juga ikut menyambut. Pemkab Kobar dan Pemprov Kalteng, menggarap penyambutan turis asing tersebut dengan baik.

"Sudah beberapa kali Wonderful Sail to Indonesia singgah di Pelabuhan Kumai, Kobar ini. Karena menjadi satu destinasi dari beberapa titik yang akan disinggahi peserta Yacht Rally. Nah, kita berupaya terus upgrade kualitas menyambut mereka, agar benar-benar Kobar menjadi pintu masuk wisata dunia di Kalteng," terang Bupati Kobar Nurhidayah, dalam keterangan tertulis, Senin (8/10/2018).



Di rumah tersebut mereka juga disambut beragam penyambutan, seperti malamang (memasak lamang), menyumpit (meniup sumpit), balogo (melempar logo), juga menari bersama.

Beberapa musik tradisional khas Dayak turut disuguhkan, yang membuat decak kagum para wisatawan asing hingga beberapa dari mereka memanfaatkan momen tersebut dengan swafoto dan berfoto bersama.

Para bule itu, terlihat sangat gembira dengan sambutan masyarakat dan tokoh adat Dayak yang menjadi penjaga di Rumah Betang tersebut. Saat disuguhkan minuman khas daerah, tuak, mereka pun tak menolak.

Mereka juga disambut ritual oleh tetua adat, pengalungan bunga, hingga diantar menaiki tangga istana untuk melihat aset budaya Kalteng ini. sejumlah anak-anak sekolah yang dihadirkan juga menjadi daya tarik tersendiri, hingga mereka ajak bercakap dan bercanda.

Malam harinya, peserta yachter juga disambut dengan welcome diner di Istana Kuning Pangkalan Bun, istana bekas Kerajaan Kutaringin tersebut.

Sebelumnya, Kapal peserta Rally Yacht Wonderful Sail to Indonesia 2018 sudah mulai berdatangan dan memadati Pelabuhan Utar Kumai Kabupaten Kobar sejak Minggu siang (7/10/2018) kemarin. Namun, karena Wonderful Sail to Indonesia 2018 digelar 7-10 Oktober 2018 di Kumai, beberapa peserta pun sudah turun kapal dan antusias menikmati pemandangan di sekitar Kumai. (mul/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED