Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Okt 2018 17:45 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Fasilitas yang Akan Hadir Dalam Revitalisasi Kalimalang Tahap I

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Siteplan Kalimalang tahap I di samping Giant (Randy/detikTravel)
Siteplan Kalimalang tahap I di samping Giant (Randy/detikTravel)

FOKUS BERITA

Masa Depan Kali Malang
Bekasi - Revitalisasi Kalimalang tahap I akan hadir di sisi sungai samping pusat perbelanjaan Giant. Sejumlah fasilitas keren hingga ruang publik akan hadir di sana.

Dalam acara diskusi diskusi Penataan Kalimalang dan Pembangunan Wisata Situ Rawa Gede di Ruang Krakatau, Hotel Horizon Bekasi, Senin (22/10/2018), sejumlah desain atau siteplan terkait revitalisasi mulai ditampilkan di depan publik.

Dalam presentasi yang ditampilkan oleh Tim Kerja Bersama Walikota dan Gubernur, Sibarani Sofian selaku founder studio desain Urban+ memaparkan ide yang nantinya akan diterapkan di sisi Kalimalang samping pusat perbelanjaan Giant (Jl Jendral Ahmad Yani No 1, Marga Jaya, Bekasi Selatan).

"Arahannya saat itu bagaimana warga mendekat ke sungai, bahwa sungai bukan daerah belakang tapi depan," ujar Sibarani.

Sebagai sisi Kalimalang yang akan dikerjakan lebih dulu pada tahap I, nantinya lokasi di samping Giant akan disulap menjadi ruang publik bernuansa hijau yang ramah pejalan kaki.

Sungai akan dibelah jadi dua oleh jalur pejalan kaki (Randy/detikTravel)Sungai akan dibelah jadi dua oleh jalur pejalan kaki (Randy/detikTravel)

Lewat salah satu desain, ditampilkan kalau nantinya sungai di samping Giant akan dibelah dua. Di area tengahnya akan dibuat jalur pejalan kaki.

Selain jalur pejalan kaki yang membelah sungai, di kedua sisinya juga akan dihiasi oleh air mancur menari dan laser. Nantinya ruang itu akan jadi ruang selebrasi. Tak lupa juga panggung pertunjukan di tengahnya.

Tepat di sisi Giant, akan dihadirkan ruang publik dalam bentuk Taman Chandrabaga. Merujuk pada asal-usul nama Bekasi yang berawal dari bahasa Sansekerta Candrabhaga yang berarti bulan dan bagian, taman itu juga akan dibuat berbentuk seperti bulan.

 Akan dibuat Taman Chandrabaga sebagai ruang publik (Randy/detikTravel) Akan dibuat Taman Chandrabaga sebagai ruang publik (Randy/detikTravel)

Menariknya lagi, sejumlah informasi terkait sejarah panjang Bekasi juga akan dihadirkan. Faktanya, Bekasi ikut ambil bagian dalam sejarah 5 kerajaan besar dari Segara Pasir (abad 2-4 masehi) hingga Kerajaan Jayakarta yang terakhir.

Untuk rekreasi warga, akan dihadirkan juga 3 ruang edupark. Rencananya akan ada rumah pohon, pohon buah hingga taman belajar.

"Keuntungannya buat kita nilai ekonomi yang baik, karena masyarakat yang happy akan punya nilai produktifitas yang tinggi," ujar Sibarani.

Ini Fasilitas yang Akan Hadir Dalam Revitalisasi Kalimalang Tahap IFoto: (Randy/detikTravel)


Akan hadir air mancur menari dan ruang hijau (Randy/detikTravel)Akan hadir air mancur menari dan ruang hijau (Randy/detikTravel)

Tidak hanya dari segi desain, ruang pemeliharaan air juga akan ada di sana. Sejatinya, aliran Kalimalang hadir untuk mengalirkan air bersih ke Jakarta. Fungsi awalnya tentu harus tetap hadir.

Dalam perjalanannya, desain yang sudah ada bisa saja mengalami penyesuaian lebih lanjut. Hanya untuk sementara, inilah wujud dari revitalisasi Kalimalang tahap I.

Ini Fasilitas yang Akan Hadir Dalam Revitalisasi Kalimalang Tahap IFoto: (Randy/detikTravel)
(bnl/aff)

FOKUS BERITA

Masa Depan Kali Malang
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED