Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 27 Nov 2018 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Tiket ke Pulau Komodo Boleh Dibikin Mahal, Tapi...

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Tiket masuk ke TN Komodo kan dibuat mahal (My Trip My Adventure)
Tiket masuk ke TN Komodo kan dibuat mahal (My Trip My Adventure)

FOKUS BERITA

Polemik Tiket Komodo
Depok - Wacana menaikan harga tiket masuk Taman Nasional Komodo jadi USD 500 menimbulkan pro dan kontra. Mahal boleh saja, asalkan jelas tujuannya.

"Memahalkan tiket sah-sah saja, tapi mesti ada studi jangan sampai akhirnya turis nggak datang. Nanti masyarakat yang rugi," kata pakar pariwisata dan dosen Program Studi Pariwisata Vokasi Universitas Indonesia, Diaz Pranita di Kampus Universitas Indonesia, Depok, Selasa (27/11/2018).

Menurut Diaz, TN Komodo awalnya memang destinasi wisata minat khusus. Namun dalam perkembangannya sekarang malah semakin masif.

"Kalau semakin murah, akhirnya yang menderita destinasinya. Padahal urusan komodo harus ketat dengan ketentuan khusus seperti soal habitat dan polusi," jelasnya.


Harga mahal USD 500 untuk wisatawan mancanegara, menurut Diaz belum tentu negatif. Justru hal ini bisa saja semakin membuat wisatawan penasaran.

"Kalau banyak larangan, demandnya makin tinggi dari pada dilepas begitu saja. Mesti jelas USD 500 itu dapat apa," ujar Diaz.

Sekarang yang perlu diperhatikan adalah menakar dengan tepat pariwisata di TN Komodo supaya tidak mengalami over tourism. Kalau menaikan harga tiket ini metode untuk mencegah over tourism, maka ini positif sifiatnya.

"Mesti ditentukan sehari berapa orang, kalau nggak begitu rusak. Daya dukung lingkungannya harus diitahan. Pulau Komodo pun areanya harus diistirahatkan bergantian dari kunjungan wisatawan biar pulih. Yang penting keberpihakan dan edukasi sama masyarakat," pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur NTT Victor Laiskodat melempar rencana untuk menerapkan harga tiket USD 500 bagi wisman yang ingin berkunjung ke TN Komodo. Alasannya ini adalah destinasi luar biasa. Akses masuk ke sana pun harus sangat dibatasi. Hanya turis berduit saja yang bisa berkunjung ke sana.

(fay/bnl)

FOKUS BERITA

Polemik Tiket Komodo
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED