Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 30 Nov 2018 21:20 WIB

TRAVEL NEWS

Tempat Lelang Ikan Labuan Bajo Bisa Seperti Pasar Tsukiji Nggak Ya?

Shinta Angriyana
detikTravel
Penampakan TPI di Labuan Bajo (Shinta/detikTravel)
Penampakan TPI di Labuan Bajo (Shinta/detikTravel)
Manggarai Barat - Pasar ikan Tsukiji di Tokyo, Jepang bisa menjadi daya tarik wisata. Tempat Pelelangan Ikan di Labuan Bajo diharap punya daya tarik serupa.

PT ASDP Indonesia Ferry baru saja meluncurkan TPI Labuan Bajo. Nantinya, diharapkan dapat menjadi potensi wisata seperti Pasar Tsukiji di Jepang.

Seperti yang dipaparkan oleh Ira Puspadewi, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry saat ditemui detikTravel dalam peluncuran TPI Labuan Bajo, Jumat (30/11/2018) ia berharap TPI dapat meniru aktivitas Pasar Tsukiji di Tokyo, Jepang yang dapat menjadi atraksi wisata.

"Pinginnya meniru Pasar Tsukiji di Jepang, dalam hal perilaku dan aktivitas pasar. karena aktivitas dan tatanannya saja sudah menjadi atraksi wisata tersendiri. Tapi harus dilakukan pelatihan yang luar biasa, salah satunya juga kita akan lakukan," ucap Ira.

Ia juga menambahkan, konsep 'fresh market' atau pasar segar bisa diterapkan di TPI Labuan Bajo. Ada beberapa fasilitas dan atraksi yang bisa menjadi ajang promosi untuk menarik wisatawan.

"Harapannya juga jadi wisata kuliner, dan atraksi wisata lain, selengkapnya bagaimana, kita serahkan ke pemda mereka yang punya ide. Tapi kita akan selalu support beberapa saat untuk ikut memastikan perilaku ini juga ikut berubah menjadi lebih baik. Nanti ada perilaku wirausaha, ada pelatihan kebersihan, pokoknya kita partnership (kerja sama) terus sama pemda, untuk jadi bangunan yang tidak hanya tukar fisik tapi perilaku baru," tambahnya.

Bukan hanya aktivitas para pedagang saja, tetapi nelayan pun jadi prioritas utamanya. Selain TPI, dermaga baru juga dibangun PT ASDP Indonesia Ferry untuk menampung kapal-kapal nelayan hingga 680 unit kapal-kapal jetty berukuran rata-rata 7 GT (gross tons).

Nantinya, TPI ini juga akan menjadi kawasan komersial terpadu dengan sejumlah fasilitas. Seperti fasilitas parkir untuk 50 unit kendaraan, ATM, serta kegiatan yang akan digelar setiap minggu untuk menarik bagi pengunjung dan masyarakat seperti festival ikan, kuliner Labuan Bajo, dan aktivitas lainnya. (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA