Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Des 2018 12:37 WIB

TRAVEL NEWS

Melihat Kontrasnya Gerbang Wisata Anyer dan Cilegon

M Iqbal
detikTravel
Foto: Gapura selamat datang di Cilegon (M Iqbal/detikTravel)
Foto: Gapura selamat datang di Cilegon (M Iqbal/detikTravel)

FOKUS BERITA

Rebutan Pantai Anyer
Cilegon - Kawasan wisata Anyer, Banten harusnya memberikan kesan pertama yang indah untuk wisatawan. Namun sayang, gerbang selamat datangnya kalah bagus dengan Cilegon.

Gapura Selamat Datang Anyer dan Gapura Selamat Datang Cilegon, hanya terpisah 100 meter. Namun memberikan kesan yang sangat kontras di mata wisatawan. Gapura Cilegon berdiri indah, gapura Anyer malah mangkrak.

Gapura kawasan Anyer tampak mangkrak. Gapura itu memang berdiri, tapi hanya sebatas bentuk bangunan yang masih diplester kasar. Baru beberapa bulan lalu tugu itu ditutupi bambu dengan cat merah putih.

"Itu yang bambu itu (tugunya), yang bagus itu," sindir warga sekitar, Holkis dengan nada satir, Senin (3/12/2018).

Holkis menceritakan, bambu penutup gapura awalnya tidak ada. Bangunan mangkrak tampak itu terlihat kontras dengan tugu di Kota Cilegon yang indah di sebelahnya. Atas inisiatif warga setempat, gerbang penanda kawasan wisata Anyer kemudian ditutupi bambu.

(M Iqbal/detikTravel)(M Iqbal/detikTravel)
"Tadinya nggak ada bambu itu cuma inisiatif Pak RT biar nggak keliatan terlalu jelek makanya ditutup pake bambu. Itu kan belum jadi, berapa tahun mangkrak saja. Dulu sampahnya numpuk sebelum ada tempat sampah ini tapi sekarang udah rada mendingan barang (semenjak) ada tempat sampahnya," ujarnya.

"Iya malu lah gimana orang tugunya aja begitu, masa kalah sama Cilegon. Cilegon aja udah bagus punya tugu sendiri," imbuhnya.

Ia tak tahu persis kapan gerbang selamat datang itu dibangun. Perkiraannya sudah hampir 5 tahun bangunan tersebut mangkrak.

Di sisi lain, tugu selamat datang Kota Cilegon begitu menggoda orang untuk berswafoto. Bangunannya yang warna warni tampak sedap dipandang mata.

Lampu penerangan berjejer di bawah tulisan 'Cilegon' pada tugu tersebut. Di sana, masyarakat sekitar Banten biasanya berswafoto untuk diunggah di akun media sosial mereka.

"Kalau yang punya Cilegon itu bagus, orang biasanya foto-foto di situ, kan ada lampunya juga," kata dia.

Mudah-mudahan gerbang selamat datang Anyer bisa segera dituntaskan dengan indah. Sayang betul kalau kawasan wisata tidak memberi kesan pertama yang mempesona wisatawan.

(M Iqbal/detikTravel)(M Iqbal/detikTravel)
(bal/fay)

FOKUS BERITA

Rebutan Pantai Anyer
BERITA TERKAIT
BACA JUGA