Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Des 2018 22:35 WIB

TRAVEL NEWS

PHRI Tolak Pembongkaran Hotel di Pantai Anyer Oleh Pemprov Banten

Bahtiar Rifa'i
detikTravel
Pantai Anyer (Bahtiar Rifai/detikTravel)
Pantai Anyer (Bahtiar Rifa'i/detikTravel)

FOKUS BERITA

Rebutan Pantai Anyer
Serang - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menolak wacana pembongkaran hotel di sepanjang bibir pantai Anyer, Kabupaten Serang. PHRI menilai, hotel dan pemilik bangunan di sana sudah memiliki izin.

"Gubernur mau buat perda hotel yang punya bangunan di sempadan pantai akan di ini (dibongkar), itu tidak bisa dihitung surut. Nggak bisa kalau peraturan itu. Mereka (hotel dan bangunan) sudah punya IMB (izin mendirikan bangunan), sudah lahir sebelum ada provinsi Banten," kata Ketua Harian PHRI Banten Ashok Kumar saat dihubungi detikTravel, Serang, Senin (3/12/2018).

Selain itu, hotel-hotel dan bangunan menurutnya selalu membayar pajak. Kontribusi PHRI di seluruh Banten menurutnya mencapai Rp 1 triliun untuk daerah.

Ia menuturkan, jika hotel dan bangunan di Anyer menyalahi aturan batas pantai, pabrik dan industri di kawasan pesisir menuju Anyer juga mestinya dibongkar. Ia mempertanyakan apakah pemerintah provinsi bisa melakukan hal tersebut.

BACA JUGA: Gubernur Banten Janji Bongkar Bangunan di Pinggir Pantai Anyer

"Kalau memang kena sempadan pantai, pabrik kena semua dong. Itu habis dong, kan sempadan pantai, bisa nggak," Ashok.

Ashok melanjutkan, jika ada dorongan pantai untuk publik, sebaiknya pemerintah duduk bersama dengan PHRI untuk membahas hal tersebut. Karena, selama ini sejak Banten berdiri, belum ada rencana induk pariwisata yang bisa dijadikan ukuran pengembangan pariwisata.

BACA JUGA: Curhat Wisatawan Liburan ke Anyer: Digetok Mahal Saat Makan

"Kalau ada rencana induk, kita konsen benar. Jangan nyalah-nyalahkan. Mereka sudah punya izin semua. Jadi tidak semudah membalikan tangan," kata dia.

"Peraturan is peraturan, nggak usah jauh-jauh, jadi tata ruang yang salah. Mereka yang memberi izin, mereka yang memberi ini, jadi salahin siapa," imbuh Ashok mengakhiri obrolan.



Tonton juga video 'Menikmati Sunset di Hotel Pesisir Pantai Anyer':

[Gambas:Video 20detik]

(msl/aff)

FOKUS BERITA

Rebutan Pantai Anyer
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED