Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 18 Feb 2019 07:25 WIB

TRAVEL NEWS

Diimbau Pangkas Harga Pasca Avtur Turun, AirAsia: Kita Tak Pernah Naikkan

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Ilustrasi Pesawat AirAsia (Shinta Angriyana/detikTravel)
Ilustrasi Pesawat AirAsia (Shinta Angriyana/detikTravel)
Jakarta - Pemerintah mengimbau maskapai menyesuaikan harga tiket setelah harga avtur turun. Maskapai AirAsia mengatakan harga tiket mereka selama ini tidak dinaikan.

"Kalau diminta menurunkan, kita tidak pernah menaikkan. Dari dulu kita murah, kita mengikuti musim liburan yang ada dari akhir tahun," kata Direktur Komersial AirAsia Indonesia Rifai Taberi kepada detikTravel, Minggu (17/2/2019).

Menurut Rifai, avtur tren harganya sedang menurun. Avtur ini mencakup 35-40 persen dari komponen biaya maskapai. Namun menurut dia AirAsia pun selama ini tidak ikut-ikutan menaikkan harga tiket pesawat.

"Kita tidak pernah menaikkan harga, makanya kemarin ada fenomena terbang dari Aceh lewat Kuala Lumpur," jelas dia.



Rifai mengatakan sebenarnya peak season liburan tetap berlangsung seperti biasa. Akhir tahun penumpang pesawat naik tinggi, nanti selepas awal tahun masuk lagi ke low season.

"Kita kan nggak selalu ramai. Kita punya kapasitas yang harus diisi dan mesti tetap terbang. Jadi kita mesti kreatif menciptakan demand, kerja sama dengan hotel dan lain-lain," pungkasnya.

Sebelumnya secara terpisah Menhub Budi Karya Sumadi dan Menpar Arief Yahya mengimbau agar maskapai menurunkan harga tiket pesawat. Hal ini terkait dengan turunnya harga avtur dan rencana mencabut monopoli avtur. Kalau harga tiket pesawat turun, hal ini tentu akan menguntungkan para traveler yang ingin bepergian. (bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED