Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 23 Feb 2019 10:45 WIB

TRAVEL NEWS

Pasca Tsunami, Pariwisata Anyer Bangkit & Siap Dikunjungi Wisatawan

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Jayakarta Anyer (dok. Istimewa)
Foto: Jayakarta Anyer (dok. Istimewa)
Serang - Pasca Tsunami Selat Sunda yang terjadi di Lampung dan Banten pada 22 Desember 2018 silam, pariwisata Anyer siap bangkit dan menerima kunjungan wisatawan.

Berbagai stakeholder di bidang pariwisata, baik Pemerintah Pusat, Daerah maupun Organisasi Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia, Persatuan Wartawan Indonesia, BALAWISATA, hingga Himpunan Pramuwisata Indonesia, Sales Pesona Banten, serta masyarakat setempat, terus menggelorakan 'Anyer Bangkit' sebagai bentuk optimisme untuk pariwisata Anyer.

Dari rilis pers The Jayakarta Anyer yang diterima detikTravel, Sabtu (22/2/2019), sudah banyak kegiatan yang dilakukan untuk menggenjot pariwisata Anyer pasca bencana tsunami. Salah satunya, kegiatan Rapat Koordinasi Pemulihan Sektor Pariwisata Selat Sunda Bangkit.

Acara tersebut digelar di salah satu Hotel Berbintang di kawasan Anyer pada 11 Januari 2019 lalu. Di kegiatan itu, dihadiri pula oleh Menpar Arief Yahya. Bersamaan acara itu, diadakan pula Gathering Sales Pesona Banten bersama media dan masyarakat sekitar.

Pasca Tsunami, Pariwisata Anyer Bangkit & Siap Dikunjungi WisatawanFoto: (dok. Istimewa)


Hotel The Jayakarta Anyer termasuk salah satu stakeholder yang ikut berperan aktif dalam pemulihan pariwisata di kawasan Anyer. Pekan lalu, di hotel ini digelar perlombaan surfing yang menarik minat para peselancar lokal hingga mancanegara. Hotel ini juga mengadakan senam aerobik bersama masyarakat dan media, dengan memberikan hadiah (doorprize) kepada peserta senam yang beruntung.

Hotel yang beralamat di Jalan Raya Karang Bolong Km 17/135 Anyer ini juga menggelar acara media gathering untuk meyakinkan bahwa kawasan Anyer aman untuk dikunjungi wisatawan. Awak media diajak untuk mengunjungi beberapa destinasi di sekitar hotel, seperti Desa Wisata Cikolelet.

Pasca Tsunami, Pariwisata Anyer Bangkit & Siap Dikunjungi WisatawanFoto: (dok. Istimewa)


Hotel The Jayakarta Anyer sendiri tidak terkena dampak bencana tsunami. Hotel 116 kamar yang terdiri dari 18 kamar Boutique Suite, 18 kamar Boutique Suite dan 30 Bungalow (type 3 dan 4 kamar) ini, tidak mengalami kerusakan yang signifikan. Hotel di bawah manajemen Jayakarta Hotels & Resorts ini tetap beroperasi seperti biasa.

Di Hotel Jayakarta Anyer juga sudah dibuat Map Safety Evacuation alias jalur evakuasi, dengan titik pertemuan yang sangat jelas. Tanda-tandanya bisa ditemukan dengan mudah di sekitar area hotel. Para tamu juga disosialisasi bahwa menginap di Jayakarta Anyer itu aman dan nyaman.

Dinas Pariwisata Provinsi Banten juga telah melakukan beberapa kegiatan untuk trauma healing dan akan melaksanakan event-event seperti Anyer-Krakatau Culture Festival agar pariwisata Anyer bangkit kembali. Para wisatawan juga terus diyakinkan bahwa Anyer aman untuk dikunjungi.

Pasca Tsunami, Pariwisata Anyer Bangkit & Siap Dikunjungi WisatawanFoto: (dok. Istimewa)
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA