Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Mar 2019 12:40 WIB

TRAVEL NEWS

Bermalam di Pulau Komodo, 3 Homestay Ini Bisa Jadi Pilihan

Moch Prima Fauzi
detikTravel
Foto: Moch Prima Fauzi
Foto: Moch Prima Fauzi
Jakarta - Ada banyak pilihan akomodasi yang bisa dipilih traveler di Labuan Bajo. Tiga rekomendasi homestay ini misalnya.

Pulau Komodo menawarkan destinasi wisata petualangan untuk bertemu dengan komodo. Hewan serupa biawak tersebut memang istimewa karena merupakan satwa endemik di Nusa Tenggara Timur dan kini tergolong langka.


Jika ada rencana menginap di Pulau Komodo, beberapa warga di Desa Komodo, Kecamatan Komodo, menawarkan tempat bermalam berupa homestay. Jaraknya tak terlalu jauh dari lokasi wisata komodo di Loh Liang. Dengan menggunakan ojek perahu Rp 10 ribu per orang, traveler akan sampai di Desa Komodo sekitar 10-15 menit. Berikut ini pilihannya.

Homestay Komodo

Homestay ini memiliki sedikit keistimewaan karena pernah disinggahi Jusuf Kalla saat berkunjung ke Pulau Komodo. Total ada 5 kamar tidur yang biasa disewakan. "Mereka kebanyakan liburan dari Jakarta sama Jawa. Liburan Pink Beach, terus ke pantai yang di selatan ke Loh Liang juga," kata H. Salam pemilik Homestay Komodo kepada detikTravel di homestay-nya, Rabu (27/3/2019).

Kamar yang berada di lantai 2 tersebut memiliki luas 3x3 meter. Fasilitasnya berupa kipas angin dan single bed. Kamar mandi masih menyatu dengan pemilik homestay di bagian bawah. Pemilik Homestay memasang tarif Rp 300 ribu per orang, sudah termasuk makan dan sarapan. Untuk menghubungi Homestay Komodo bisa di nomor 082144049754

Homestay Ibu Hj. Marwah

Namanya memang disesuaikan dengan pemilik homestay ini. Hj. Marwah memiliki tiga kamar di lantai 2 dan satu kamar di bagian bawah. Kamar berukuran 3x3 meter tersebut memiliki kipas angin dan single bed.

Bermalam di Pulau Komodo, 3 Homestay Ini Bisa Jadi PilihannyaFoto: Moch Prima Fauzi
Kamar berada di luar yang sudah disediakan oleh pemilik homestay. Hj. Marwah memasang tarif per malamnya seharga Rp 300 ribu atau Rp 400 ribu termasuk makan. Untuk menghubungi Homestay Ibu Hj Marwah bisa di nomor 082236828198.

Wahida Homestay

Keunikan homestay yang satu ini hanya menerima pasangan yang sedang berbulan madu atau pasangan suami-istri. Total ada dua kamar tidur yang disewakan dengan ukuran 3 x 4 meter. Untuk fasilitasnya berupa single bed dan kipas angin. Untuk menghubungi Homestay Wahida bisa di nomor 085337456133.

Perlu diingat jika tinggal di Pulau Komodo adalah siap dengan pasokan listrik yang belum sepenuhnya tersedia dalam 24 jam. Rumah-rumah warga baru teraliri listrik dari pukul 18.00 sore hingga 06.00 pagi.

Meski demikian, selama tinggal di homestay traveler bisa menemui beberapa perajin souvenir yang ada di desa tersebut seperti pemahat patung komodo atau pembuat aksesori dari kulit kerang mutiara.

Salah satu keunikan dari warga Pulau Komodo adalah menabung di bank terapung. Layanan bank di dalam kapal Bahtera Seva II tersebut dihadirkan oleh Bank BRI untuk menjangkau warga kepulauan yang ingin menabung, transfer atau tarik tunai. (mul/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED