Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Apr 2019 09:20 WIB

TRAVEL NEWS

Begini Desain Kabin Pesawat di Masa Depan yang Anti Bosan

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
kabin Ultraflex (AIM Altitude/CNN Travel)
kabin Ultraflex (AIM Altitude/CNN Travel)
Jakarta - Dunia penerbangan terus melakukan inovasi. Inilah desain kabin pesawat di masa depan untuk penerbangan jarak jauh. Penumpang tidak akan bosan.

Melansir CNN Travel, Kamis (11/4/2019), desain ini namanya Ultraflex. Inilah kabin di pesawat terbang yang terdapat toko, studio kebugaran dan restoran, ruang pertemuan, hingga bar.

Penciptanya adalah Ross Burns, desainer terkemuka AIM Altitude, sebuah perusahaan penerbangan Inggris. Ide akan adanya ruang pribadi hingga yoga ini muncul ketika ia melihat semakin banyaknya pesawat untuk penerbangan jarak jauh.

"Ultraflex adalah proyek yang telah kami kerjakan selama sekitar 10 bulan," kata Burns kepada CNN Travel di 2019 Airplane Interiors Expo (AIX) di Hamburg, Jerman.

"Pada titik tertentu Anda pasti ingin meregangkan kaki, daripada duduk di kursi dari 12 hingga 20 jam," imbuh dia.

Begini Desain Kabin Pesawat di Masa Depan yang Anti Bosan
(AIM Altitude/CNN Travel)

AIM Altitude membawa mock-up skala asli ke AIX yang siap memukau maskapai dan penumpang. Segera setelah mengangkasa, penumpang dipastikan dapat pergi ke kabin dengan suasana yang nyaman dan kesempatan untuk mengobrol dengan sesama pelancong.

Akan ada tempat duduk yang melengkung di pusat kabin itu. Jika hanya ingin membeli makanan tinggal datang, beli dan pergi lagi atau take away juga bisa dilakukan.

Bar yang ada di dalam Ultraflex dapat dibuka atau tutup di jam yang telah dijadwalkan. Jika tak ingin berbaur sesama penumpang, ada bilik pribadi yang menyajikan pemandangan awan dari jendela.

Begini Desain Kabin Pesawat di Masa Depan yang Anti Bosan(AIM Altitude/CNN Travel)


Burns juga menunjukkan bagaimana cara kerja kursi yang bisa dilipat ke atas yang bisa digunakan untuk meja makan. Juga bisa berfungsi sebagai tempat anak-anak bermain atau penumpang dalam berdoa, bermeditasi, atau meregangkan tubuh.

Ada juga ruang sofa dan beberapa meja. Dan di AIX mock-up, AIM Altitude telah memasang roller di bawah meja agar kaki tetap bisa beraktivitas yang melancarkan sirkulasi darah.

Konsep ini masuk daftar salah satu Penghargaan Crystal Cabin tahun ini. Tak hanya itu, ide Burns ini telah menarik banyak minat di AIX. (msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED