Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Apr 2019 12:30 WIB

TRAVEL NEWS

Cara Portugal Cintai Bumi, Pakai Mobil dan Skuter Listrik

Bona
detikTravel
Ilustrasi Lisbon (Thinkstock)
Ilustrasi Lisbon (Thinkstock)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
Lisbon - Lain ladang, lain belalang. Portugal punya cara sendiri untuk menjaga dan menghormati alam yang dipijaknya. Portugal gunakan mobil listrik untuk go green.

Diintip detikcom dari BBC, Selasa (23/4/2019) Portugal berada di peringkat ketiga dalam penghargaan Planet & Climate Index. Portugal punya cara sendiri untuk menjaga alamnya.

Hal yang paling jelas akan terlihat di Kota Lisbon. Traveler akan dengan mudah menemui banyaknya mobil listrik. Ini menjadi salah satu solusi bagi Portugal dalam gerakan lebih ramah lingkungan.

Bahkan stasiun pengisi daya mobil listrik di Lisbon lebih banyak dari pada di London. Ini membuat para turis terkejut dengan kegigihan Portugal dalam menjaga alam.

Untuk memasok listrik, Pemerintah Portugal mendorong masyarakatnya untuk menggunakan panel surya atau pompa air. Bahkan pompa air digunakan juga sebagai penyaringan air hujan menjadi air bersih. Air ini digunakan untuk menyiram tanaman, mencuci pakaian dan kebutuhan air bagi peliharaan.

Menjadi negara agraris, Portugal memanfaatkan sumber daya alamnya yang melimpah. Di area perbatasan dengan Spanyol, Portugal memiliki mesin energi terbarukan dari angin. Ada juga danau yang jadi tenaga pembangkit listrik.

Energi terbarukan ini dinilai lebih murah oleh masyarakat Portugal. Sehingga mereka setuju untuk menggunakan terobosan tersebut.

BACA JUGA: Kasihan Bumi, Punya Sampah Hampir Seluas Indonesia

Selain mobil listrik, Portugal juga punya skuter listrik bagi anak muda. Penyewaan skuter listrik menjadi hal yang populer di Kota Lisbon.

Menjadi ramah lingkungan tak hanya sekedar mengubah moda transportasi. Portugal juga menggunakan konsep daur ulang dan pengomposan sebagai salah satu cara hidup yang ramah lingkungan.

Tiap lingkungannya, Portugal memiliki tempat sampah khusus yang mempermudah penduduknya untuk mendaur ulang sampah rumah tangga. Sampah baterai saja punya tempat khusus.

Hal ini rupanya tidak berlangsung dalam sekejap. Pemerintah Portugal bekerja keras dalam mengedukasi masyarakat khususnya memalui bidang pendidikan.

"Di sekolah menengah, kami memiliki banyak kelas tentang pendidikan lingkungan dan kami sering mengikuti kelas-kelas di taman setempat untuk membangun cinta kepada kita terhadap lingkungan," kata Magalhaes, seorang penduduk Portugal. (bnl/aff)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
BERITA TERKAIT
BACA JUGA