Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Mei 2019 04:05 WIB

TRAVEL NEWS

Masih Pakai Kantong Plastik? Lihatlah Lumba-lumba Ini

Afif Farhan
detikTravel
Foto: (paulphinphotography/Instagram)
Foto: (paulphinphotography/Instagram)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
Jakarta - Mau tahu betapa jahatnya sampah kantong plastik di lautan? Lihatlah lumba-lumba yang menderita ini karena moncongnya tersangkut kantong plastik.

Sampah plastik begitu sulit terurai di lautan. Sampah plastik di lautan bakal terus terombang-ambing, hingga akhirnya melukai satwa di laut.

Baru-baru ini, sebuah akun Instagram @5minutebeachcleanup seperti dilihat detikcom, Jumat (10/5/2019) mempsoting video lumba-lumba dengan moncongnya tersangkut sampah plastik, yang merupakan repost video Instagram dari @paulphinphotography. 5MinuteBeachCleanUp sendiri merupakan organisasi pecinta lingkungan khususnya di pantai dan laut.

Dalam videonya, terlihat lumba-lumba yang sedang berenang di lautan dan moncongnya 'terjebak' sampah kantong plastik. Lumba-lumba itu terlihat panik dan ingin melepaskan moncongnya dari kantong sampah plastik itu.

Sayangnya, lumba-lumba tersebut kesulitan. Sudah berenang ke permukaan air, tetap saja sampah plastiknya nyangkut di moncongnya.



Lewat video itu, 5MinuteBeachCleanUp berpesan untuk mengurangi pemakaian kantong plastik. Sebab kantong plastik yang sudah tidak terpakai, akan menjadi sampah dan bisa saja terbuang sampai ke lautan.

Kalau sudah sampai lautan, celakalah Bumi kita. Selain merusak lingkungan, sampah-sampah kantong plastik juga dapat membunuh hewan di laut. Lihatlah gambar-gambar di internet, sudah tak terhitung banyaknya ikan-ikan yang mati dengan isi tubuhnya adalah sampah-sampah plastik. Banyak, sangat banyak.

BACA JUGA: Astaga! Perut Ikan Pari Ini Isinya Botol Minuman dan Kamera

Mari mengurangi pemakaian kantong plastik saat belanja. Mulai dari diri sendiri, dari hal yang kecil dan hari ini.

(aff/aff)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
BERITA TERKAIT
BACA JUGA