Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Jun 2019 08:25 WIB

TRAVEL NEWS

Pilihan Tempat Wisata Jika Mudik ke Banten, Garut, hingga Trenggalek

Raras Prawitaningrum
detikTravel
Kota Lama Semarang/Foto: shutterstock
Jakarta - Mudik identik dengan liburan bersama keluarga. Jika ada rencana mudik ke kampung halaman, terutama bagi yang mudik di Jawa, coba mampir ke tempat-tempat berikut ini. Sambil mudik, pemudik bisa seru-seruan berwisata di tempat yang menyimpan keindahan maupun sejarah nusantara.

Benteng Speelwijk, Banten

Terletak di di Kampung Pamarican, Serang, benteng ini menyimpan kisah sejarah pengikut Sultan Agung Tirtayasa. Benteng yang dibangun pada tahun 1681 diberi nama Speelwijk digunakan untuk menghormati Gurbenur Hindia Belanda yang saat itu masih berkuasa.

Serunya, wisatawan bisa masuk ke ruang inti di benteng yang sebagian sudah menjadi reruntuhan untuk melihat pemandangan lautan. Ada juga ruang bawah tanah atau bangker yang menghubungkan lorong di bagian barat. Jika mampir ke sini, jangan lupa berkunjung ke Vihara Avalokitesvar yang terletak di seberang benteng.

Leuweung Oko, Garut

Pemudik yang melewati jalur Limbangan-Malangbong untuk menuju Tasikmalaya dan Jawa Tengah bisa mampir ke Leuweung Oko di Garut. Destinasi ini menyajikan hamparan hutan pinus dengan udara sejuk khas pegunungan.

4 Tempat Wisata di Jawa yang Wajib Dikunjungi Sambil Mudik Foto: Hakim Ghani/detikTravel

Selain menikmati indahnya hutan pinus, wisatawan juga bisa ber-selfie di spot-spot instagramable yang disediakan oleh destinasi yang terletak di Kecamatan Selaawi ini. Ada juga hammock yang disediakan untuk bersantai bersama keluarga.

Kota Lama, Semarang

Kalau sudah pernah mampir ke Kota Lama Semarang, tak ada alasan untuk berkunjung lagi ke Kota Lama Semarang. Menyambut pemudik, Kota Lama Semarang menambah spot-spot instagramable. Misalnya hiasan kotak telepon di Jalan Letjen Suprapto yang bisa menjadi spot selfie.

Ada juga studio Old City dan DMZ yang menawarkan konsep foto 3D kepada wisatawan. Bahkan Kota Lama Semarang juga menghadirkan tempat belanja dan kuliner bar, yaitu Galeri Industri Kreatif.

Bukit Banyon, Trenggalek

Mau lihat pemandangan negeri di atas awan? Datang ke Bukit Banyon di perbatasan Desa Widoro dan Karanganyar, Trenggalek. Di sini, wisatawan bisa melihat keindahan sunrise maupun sunset dari atas bukit.

Sambil menikmati keindahan awan dan ber-selfie, wisatawan bisa memesan aneka minuman hangat yang ada di warung di sekitar puncak Bukit Banyon.

Bukit BanyonBukit Banyon Foto: Adhar/detikTravel

Tertarik untuk berkunjung ke tempat-tempat tersebut? Siapkan agenda liburan bersama keluarga dan kerabat, lalu ajak mereka berwisata. Namun selama mudik, jangan lupa untuk tetap memastikan kondisi kesehatan.

Faktanya, kondisi kesehatan bisa terganggu karena tumpukan asam laktak menyebabkan badan pegal dan lelah. Maka untuk menguraikan asam laktat perlu kalium dan magnesium aspartat, konsumsi Fatigon Multivitamin yang bisa membantu memelihara kesehatan. (ega/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA