Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Jun 2019 12:10 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Cara Pergi ke Sawahlunto, Kota Kandidat Situs UNESCO

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Sawahlunto (Johanes Randy/detikcom)
Sawahlunto (Johanes Randy/detikcom)
Sawahlunto - Sawahlunto di Sumatera Barat masuk nominasi Situs Warisan Dunia UNESCO 2019. Buat yang belum tahu, inilah cara menuju ke sana.

Tahun ini UNESCO memasukkan Sawahlunto sebagai satu-satunya perwakilan Indonesia untuk kandidat Situs Warisan Dunia kategori budaya. Memiliki sejarah panjang sejak zaman Hindia Belanda, Sawahlunto dikenal sebagai kota tambang pertama Indonesia.

Berlokasi di Sumatera Barat, Sawahlunto sendiri mungkin masih belum populer bagi traveler di luar Padang. Padahal, destinasi yang satu ini tak kalah indah dan punya banyak destinasi bersejarah.

BACA JUGA: 6 Tempat Wisata di Sawahlunto, Kota Kandidat Situs UNESCO

Buat kamu yang penasaran dan mau berkunjung ke Sawahlunto, detikcom pun merangkum cara untuk liburan ke sana, Kamis (27/6/2019).

Akses yang paling mudah adalah dengan lebih dulu terbang ke Bandara Internasional Minangkabau di Padang. Kemudian, apabila tak ingin repot, dari Padang kamu bisa menyewa mobil sewaan menuju Sawahlunto mulai dari Rp 350 ribu sekali jalan. Estimasi dibutuhkan waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam via jalur darat.

Naik kendaraan umum

Jika ingin hemat, traveler bisa coba naik kendaraan umum ke Sawahlunto dari Padang. Pertama, capailah daerah Lakuak di Jalan Dr Sutomo, Padang naik bus Tranex.

Setibanya di Lakuak yang dikenal sebagai terminal bayangan, traveler bisa naik bus yang langsung menuju Sawahlunto atau transit dulu ke Terminal Solok sebelum mencapai Sawahlunto.

Naik kereta

Jika ingin yang lebih berkesan, kamu bisa mencoba naik kereta ke Sawahlunto dari Stasiun Padang Panjang dengan durasi 3 jam perjalanan. Hanya perlu diingat, untuk kereta hanya ada di hari Minggu saja ya.

Selamat mencoba dan menikmati aneka tempat wisata di Sawahlunto.

Simak Video "Tambang Ombilin di Sawahlunto Ditetapkan UNESCO Jadi Warisan Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA