Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Jul 2019 13:50 WIB

TRAVEL NEWS

Sawahlunto Jadi Warisan Dunia UNESCO, Berkah Pariwisata Indonesia

Afif Farhan
detikTravel
Sawahlunto jadi Warisan Dunia UNESCO (Dok PT Bukit Asam)
Sawahlunto jadi Warisan Dunia UNESCO (Dok PT Bukit Asam)
Jakarta - Sawahlunto akhirnya ditetapkan jadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, ini akan membuat kunjungan turis ke Indonesia bertambah.

Sawahlunto di Sumatera Barat ditetapkan UNESCO sebagai World Heritage alias Situs Warisan Dunia. Dengan nama, Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto. Penetapan tersebut diumumkan pada gelaran Sesi ke-43 Pertemuan Komite Warisan Dunia pada tanggal 6 Juli 2019 di Kota Baku, Azerbaijan, pukul 12.20 waktu setempat.

BACA JUGA: Bangga! Sawahlunto Ditetapkan Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO

"Selamat, Ombilin di Sawahlunto sudah ditetapkan salah satu warisan budaya oleh UNESCO," kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya seperti dalam siaran pers dari Kementerian Pariwisata yang diterima detikcom, Senin (8/7/2019).

Arief mengatakan, jika sudah mendapatkan status dari UNESCO maka akan sangat mudah untuk menjual dan memasarkan Sawahlunto sebagai destinasi wisata. Juga, menarik para investor.

"Status itu sangat penting. Karena akan mempermudah untuk menarik investor, juga menarik wisatawan datang," katanya.

Arief menambahkan, dalam framework pengembangan destinasi akan selalu menggunakan konsep 3A, (Atraksi, Akses, dan Amenitas). Jika ingin menjadi pemain global, maka harus menggunakan global standar.

Menteri Pariwisata Arief Yahya (dok Kementerian Pariwisata)Menteri Pariwisata Arief Yahya (dok Kementerian Pariwisata)


Standar global yang dimaksud diwujudkan dalam bentuk membangun bandara internasional di banyak tempat. Sementara dari sisi amenitas, ditandai dengan makin banyak dikembangkan hotel-hotel bintang 5 yang berkelas dunia di berbagai destinasi.

"Ketiga adalah atraksi yang juga harus berkelas dunia. Brandingnya langsung mendunia karena diakui oleh UNESCO, lembaga dunia," ujar Arief.

Bekas tambang di Sawahlunto (Johanes Randy/detikcom)Bekas tambang di Sawahlunto (Johanes Randy/detikcom)


Ombilin menambah koleksi Indonesia yang saat ini memiliki empat warisan dunia kategori alam yakni Taman Nasional Komodo (1991), Taman Nasional Lorentz (1999), Hutan Tropis Sumatera (2004), dan Taman Nasional Ujung Kulon (1991).

Selain itu, Indonesia sudah punya empat warisan dunia kategori budaya, yaitu Candi Borobudur (1991), Candi Prambanan (1991), Situs Sangiran (1996) dan sistem Subak di Bali (2012).

Simak Video "Pengelolaan Warisan Tambang Sawahlunto Tanggung Jawab Bersama"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA