Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Jul 2019 21:40 WIB

TRAVEL NEWS

Langkah Sawahlunto Setelah Dapat Status UNESCO

Foto: Ilustrasi Sawahlunto (Dok PT Bukit Asam)
Sawahlunto - Sawahlunto di Sumbar telah berhasil mendapat pengakuan UNESCO di bidang budaya. Setelah ini, ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan.

Dihubungi oleh detikcom via sambungan telepon, Senin (8/7/2019) Plt Kadis Pariwisata Sawahlunto, Ir H Radam menyampaikan kebahagiaannya usai Sawahlunto meraih status UNESCO.

Tak segera berpuas diri, Radam pun sudah memiliki sejumlah pemikiran untuk Sawahlunto usai meraih status prestisius tersebut. Yang pertama adalah dengan menjaga apa yang sudah Sawahlunto miliki.

"Pertama dari pariwisata kami pasti minta pengarahan dulu, tapi sementara dari pikiran saya sebagai kadis, menjaga apa yang sudah kita pertahankan," ujar Radam.

Ia pun menyatakan keinginannya untuk menjaga sejumlah bangunan cagar budaya dan peninggalan Belanda yang masih tersisa di Sawahlunto. Salah satunya terkait orang rantai yang dahulu bekerja di tambang-tambang di sana.

"Sampai kuburan Belanda itu kami lestarikan, apalagi cagar budaya yang gedung-gedung itu. Tempat mandi pekerja pun kami lestarikan dan renovasi dengan adanya pengakuan UNESCO itu," pungkas Radam.

BACA JUGA: Sawahlunto Jadi Warisan Dunia UNESCO, Berkah Pariwisata Indonesia

Yang kedua, Radam juga ingin memetakan kembali sejumlah peninggalan bersejarah dan mendaftarkannya ke pihak terkait.

"Yang kedua kita masih menggali potensi-potensi yang dulu dibangun Belanda dan kita tambah lagi situs yang belum didaftarkan," tutup Radam.

Simak Video "Melihat Seni Bela Diri Tai Chi, Masuk Warisan Budaya Tak Benda UNESCO"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA