Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Jul 2019 13:50 WIB

TRAVEL NEWS

Danau Toba Dikucuri Rp 2 Triliun Untuk Pariwisata

Budi Warsito
detikTravel
Menteri Pariwisata RI Arief Yahya bersama Dirut BPODT Arie Prasetyo dan Bupati Tobasa Darwin Siagian memantau beberapa tempat di Tobasa, Jumat (19/7/2019).  (istimewa)
Menteri Pariwisata RI Arief Yahya bersama Dirut BPODT Arie Prasetyo dan Bupati Tobasa Darwin Siagian memantau beberapa tempat di Tobasa, Jumat (19/7/2019). (istimewa)
Samosir - Menteri Pariwisata Arief Yahya memprioritaskan Danau Toba dari anggaran pembangunan pariwisata. Duit ini untuk membangun segala infrastruktur wisata.

"Rp 6,4 triliun itu untuk 4 destinasi. Averagenya sekitar Rp 1,6 triliun. Danau Toba bisa lebih, karena lebih besar daerahnya," jelas Arief Yahya di Balige, Jumat (19/7/2019).

Menpar Arief Yahya bersama Dirut Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo dan Bupati Tobasa Darwin Siagian, memantau kawasan Danau Toba. Pemerintah menyiapkan anggaran tambahan sebesar Rp 6,4 triliun untuk pengembangan 4 destinasi wisata di Indonesia.

Keempat destinasi itu adalah Danau Toba, Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo. Danau Toba diprioritaskan mendapat dana lebih dikarenakan, kawasan wisata yang ada lebih besar.

Anggaran itu nantinya akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan utilitas dalam kawasan wisata Danau Toba. Di luar kawasan sudah terbukti dan bisa, misalnya yang dahulu jalan kabupaten, sekarang menjadi jalan nasional dan sudah dibangun oleh Kementerian PUPR.

"Nah ini untuk pembangunan di bagian dalam kawasan Danau Toba," urai Menpar Arief Yahya.

Pembangunan di dalam kawasan wisata yang dimaksud adalah, jalan, air dan listrik. Jika itu sudah dilakukan maka investor akan sangat mudah datang. Saat ini katanya, sudah ada tujuh investor yang sudah siap dengan proyeksi investasi sekitar 6 triliun.

"Nah kita harapkan, jika itu dipercepat kita akan mempercepat investor lain untuk datang," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, seandainya dari Rp 6,4 triliun, Danau Toba memperoleh alokasi dana sebesar Rp 2 triliun untuk membangun infrastruktur di dalam, itu mungkin bisa mempercepat datangnya investor.

"Nanti akan dirapatkan lagi apa kebutuhan yang di sini. Apa-apa aja yang diusulkan destinasi utama kelas dunia," tandasnya.

Simak Video "Festival Danau Toba, Samosir"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA