Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 31 Jul 2019 14:15 WIB

TRAVEL NEWS

Gunung Kerinci Erupsi, Ini Imbauan Buat Pendaki

Afif Farhan
detikTravel
(Instagram/kabargeologi)
(Instagram/kabargeologi)
Jakarta - Gunung Kerinci di Jambi mengalami erupsi. Para pendaki diimbau untuk tidak mendekat ke kawah dan puncak gunungnya.

Dalam informasi dari akun Instagram kabargeologi yang merupakan akun resmi Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, Rabu (31/7/2019) Pos Pengamatan Gunung Api Kerinci mencatat Gunung Kerinci mengalami erupsi pada pukul 12.48 WIB tadi.

Tinggi kolom abu teramati sekitar 800 meter di atas puncak (sekitar 4.605 meter di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur laut dan timur.

BACA JUGA: Sungguh, Kerinci Seindah Ini

Saat ini, Gunung Kerinci berada pada status Level II (Waspada). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMB) mengeluarkan beberapa imbauan, termasuk bagi wisatawan atau pendaki.

Pendaki tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di puncak gunungnya di dalam radius 3 km dari kawah aktif. Masyarakat pun dilarang beraktivitas di dalam radius tersebut.

Jalur penerbangan di sekitar Gunung Kerinci juga harus dihindari. Sebab, dinilai sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan.

View this post on Instagram

INFORMASI ERUPSI G. KERINCI Telah terjadi erupsi G. Kerinci, Jambi, Sumatera Barat pada tanggal 31 Juli 2019 pukul 12:48 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 800 m di atas puncak (± 4.605 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur laut dan timur. Saat ini G. Kerinci berada pada Status *Level II (Waspada)* dengan rekomendasi: 1. Masyarakat disekitar gunungapi kerinci dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada dipuncak gunungapi kerinci didalam radius 3 km dari kawah aktif (masyarakat dilarang beraktifitas didalam radius bahaya/KRB III). 2. Sebaiknya jalur penerbangan disekitar gunungapi kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan. *SUMBER DATA* KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Kerinci https://magma.vsi.esdm.go.id/ #informasi #erupsi #gunungkerinci

A post shared by BADAN GEOLOGI (@kabargeologi) on Jul 30, 2019 at 11:59pm PDT



Simak Video "Jelajah Gunung Kerinci, Jambi"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA