Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Sep 2019 18:50 WIB

TRAVEL NEWS

Kembangkan Wisata Air, Pemprov Jabar Percantik 4 Situ-Waduk

Mukhlis Dinillah
detikTravel
Situ Ciburuy (Yudha Maulana/detikcom)
Situ Ciburuy (Yudha Maulana/detikcom)
Bandung - Pemprov Jawa Barat sedang mengoptimalkan potensi wisata air di berbagai daerah. Salah satunya dengan menata waduk dan situ agar menarik minat wisatawan.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (DSDA) Jabar Linda Amin mengatakan tahun ini ada empat kawasan waduk dan situ yang ditata. Empat kawasan tersebut berpotensi menjadi destinasi wisata air.

Ia menuturkan penataan akan dilakukan di Waduk Darma (Kabupaten Kuningan), Situ Ciburuy (Kabupaten Bandung Barat), Situ Rawa Kalong (Kota Depok), Kalimalang (Kota Bekasi).

"Semuanya penataan di bagi menjadi dua segmen. Ada yang tahun ini (2019) dan tahun 2020," kata Linda kepada wartawan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (19/9/2019).

Dia menjelaskan untuk penataan Kalimalang terbagi menjadi segmen Utara dan Selatan. Tahap pertama dilakukan tajun ini dengan membuat taman, jalan setapak, monumen, tiang bendera. Sementara segmen Selatan meliputi kolam anak, padang rumput.

"Tahun ini anggarannya Rp 5 miliar. Sementara tahun 2020 agar besar karena pembangunan fisiknya agak banyak Rp 26 miliar," ungkap dia.

BACA JUGA: 10 Tempat Wisata Menarik di Bandung

Selain itu, pihaknya juga akan menata Situ Ciburuy agar lebih nyaman dan menarik minat wisatawan. Kawasan wisata itu akan dipercantik dengan berbagai sentuhan pembangunan dari sempadan hingga badan air.

"Tahun 2019 hanya bangun sempadan situ, gerbang masuk, plaza, trotoar, lampu taman, taman sebagai penanda. Tahun depan ada bangunan terapung, di atas badan situ, restoran, pasar apung. Tahun ini Rp 2,5 miliar, tahun depan Rp 24 miliar," jelas dia.

Menurutnya Situ Rawa Kalong juga tak luput menjadi target penataan baik untuk kawasan sempadan dan badan air. Pembangunan yang dilakukan meliputi taman, amphiteater, plaza hingga kios-kios di sempadan.

"Untuk tahun ini kita anggarkan Rp 5 miliar. Nah tahun depannya itu Rp 76 miliar," ucap dia.

Penataan terakhir yaitu di Waduk Darma yang memiliki fungsi juga sebagai sumber irigasi di Kabupaten Kuningan. Pihaknya akan membangun pintu gerbang, gazebo, taman, jalan di sempadan. Sementara di badan air dibangun jalan terapung, menara air, amphiteater dan restoran.

"Kita sudah mendapat izin dari kementerian PUPR untuk membuat bangunan di atas air. Tapi mereka minta untuk tak mencemari air, harus dirawat," tutur dia.

BACA JUGA: 5 Fakta Dusun Bambu Lembang yang Terkenal di Bandung

Ia berharap dengan penataan tersebut, potensi wisata air di Jabar bisa dilirik wisatawan. Komitmen ini sebagai bentuk dukungan agar Jabar menjadi salah satu wilayah destinasi wisata unggulan di Indonesia.

"Tentunya target kita ini peningkatan jumlah wisatawan nanti. Ini bentuk kerja sama kita dengan Dinas Pariwisata dan Kebuyaan (Disparbud)," ujar Linda.



Simak Video "Bandung, Jawa Barat Hidroponik Bercocok Tanam Perkotaan "
[Gambas:Video 20detik]
(sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA