Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Sep 2019 22:45 WIB

TRAVEL NEWS

Karhutla di Indonesia, Media Asing Ini Sebut-sebut Bali

Shinta Angriyana
detikTravel
Potret terkini kebakaran hutan di Kalimantan dilihat dari udara. (Foto: dok. BNPB)
Potret terkini kebakaran hutan di Kalimantan dilihat dari udara. (Foto: dok. BNPB)
Jakarta - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia juga jadi sorotan media asing. Salah satu media itu juga menyebut-nyebut Pulau Dewata alias Bali.

Seperti dilihat detikcom dari media Inggris Express, Jumat (20/9/2019), mereka awalnya menyebut bahwa kejadian kabut asap akibat kebakaran hutan hampir terjadi setiap tahun di Asia Tenggara. Hal ini bukan saja disebut akibat musim kemarau tetapi juga ulah manusia dalam membuka lahan.




Bahkan, Singapura dan Malaysia juga terkena dampaknya. Kualitas udara Singapura dan Malaysia yang sebelumnya masih relatif aman kini dianggap tidak aman untuk dihirup manusia. Kedua negara tersebut juga mengimbau warganya untuk tetap di dalam rumah.

"Bali warning: Is the Indonesian smoke haze making it dangerous to travel to Bali?" demikian judul artikel Express tersebut.

Terjemahan bebasnya kira-kira adalah apakah kabut asap di Indonesia membuat perjalanan ke Bali menjadi tidak aman buat wisatawan? Walaupun judulnya terkesan provokatif, Express juga menjelaskan bahwa pada dasarnya Bali tidak terdampak kabut asap.




Sembari memaparkan peta lokasi sebaran titik panas di Pulau Sumatera dan Kalimantan berdasarkan data NASA dan ASEAN SPECIALISED METEROLOGICAL CENTRE (ASMC), Express juga memebebran bahwa Bali juga berjarak sekitar 1.770 kilometer.

Selain itu, angin yang bertiup diperkirakan berasal dari tenggara dan selatan alias menuju utara dari Sumatera dan Kalimantan. Negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia terdampak kabut asap tetapi tidak demikian halnya dengan Bali.




Simak Video "BNPB: Pejabat Daerah Kurang Peduli Menangani Karhutla"
[Gambas:Video 20detik]
(sna/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA