Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Sep 2019 17:20 WIB

TRAVEL NEWS

Sumedang Deklarasikan Diri sebagai Kabupaten Wisata

Syanti Mustika
detikTravel
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (Foto: Syanti Mustika/detikcom)
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (Foto: Syanti Mustika/detikcom)
Jakarta - Sumedang memiliki kekayaan wisata yang beragam. Kabupaten di Jawa Barat ini pun mendeklarasikan diri sebagai kabupaten wisata.

Hal itu diungkap Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dalam jumpa media peluncuran kegiatan 'West Java Paragliding World Championship and Culture Festival 2019' di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (26/9/2019).

"Kami Kabupaten Sumedang mengukuhkan diri sebagai kabupaten wisata di Jawa Barat. Karena ragam potensi wisata yang bisa ditemukan di Sumedang, mulai dari alamnya, agriculture, budaya dan sosial," ujar Dony.




Demi bisa menyambut dan menjamu turis yang datang dengan sebaik mungkin, Sumedang telah mempersiapkan segala hal. Ini berkaitan pula dengan panduan Menteri Pariwisata (Menpar) yaitu unsur 3A.

"Sesuai ucapan Pak Menteri, harus ada 3 hal yang harus dimiliki yaitu 3A. Kita punya atraksi yaitu paralayang dengan standar internasional. Juga untuk aksebilitas saat ini kita sedang membangun 62 ruas jalan yang menghubungkan daerah wisata. Lokasi Sumedang juga hanya 30 menit dari Bandara Kertajati. Jalan tol juga lengkap melintang si Sumedang," tambahnya.

Untuk bisa menarik wisatawan, Sumedang punya destinasi unggulan. Yaitu destinasi yang diusulkan menjadi Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) yaitu Jatigede.




"Ke depannya yang akan menjadi unggulan kami adalah Jatigede. Di sini pemandangannya sangatlah indah. Kamu bisa naik ke namanya Pasir Cinta untuk melihat sunrise. Dan dari sini juga bisa melihat pulau-pulau kecil yang tersebar di waduk. Bisalah kita bilang seperti kini Raja Ampat, namun latarnya adalah gunung," tambahnya.

Tak hanya mengandalkan Jatigede, Kabupaten Sumedang juga punya wisata yang lainnya yang patut dikunjungi wisatawan. Salah satunya merasakan wisata ubi Cilembu.




"Kita punya ragam wisata. Ada wisata sport tourism yaitu paralayang. Ada wisata agrikultur ubi Cilembu. Kita membuat wisatanya di mana wisatawan merasakan langsung memetik ubi cilembu, mencuci dan memasaknya langsung di wilayahnya. Dan satu hal yang pasti , kuliner khas Sumedang yaitu Tahu Sumedang. Masih banyak lagi destinasi yang semuanya bisa kamu rasakan bila berkunjung ke Sumedang. Datang langsung ya," ujar Dony.

Perlu traveler ketahui, di bulan Oktober nanti di Sumedang akan ada festival paralayang 'West Java Paragliding World Championship and Culture Festival 2019'. Kegiatan diadakan pada 22-28 Oktober 2019.




Simak Video "Pemeran Video Porno di Sumedang Ternyata Pasangan Selingkuh"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA