Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 03 Okt 2019 07:15 WIB

TRAVEL NEWS

Haruskah Turis Wanita di Arab Saudi Pakai Jilbab?

Afif Farhan
detikTravel
Ilustrasi wanita di Arab Saudi (iStock)
Jakarta - Arab Saudi membuka diri kepada turis, termasuk yang bukan Muslim. Ada satu pertanyaan penting, wajibkah turis wanita yang datang ke sana pakai jilbab?

Arab Saudi mengejutkan dunia. Baru-baru ini, pemerintah Arab Saudi mengeluarkan visa turis yang berlaku bagi 49 negara. Visa ini nantinya memudahkan kunjungan turis ke sana.

Terbukanya Arab Saudi pada turis, merupakan salah satu visi bernama 'Saudi Vision 2030'. Visi yang digagas oleh Pangeran Arab Saudi, Muhammed bin Salman tersebut disokong oleh 96 sasaran strategis. Termasuk pariwisata yang berkaitan dengan pendapatan negara.

Selain soal visa, Arab Saudi juga sedang mengerjakan mega proyek di kawasan Laut Merah. Ada resort berkelas hingga kota robot yang akan dibangun di sana.

BACA JUGA: Mega Proyek Pariwisata Arab Saudi

Mungkin terlintas di dalam benak turis, khususnya para wanita. Apakah kalau datang liburan ke Arab Saudi, harus pakai jilbab?

Melihat website resmi Visit Saudi, Kamis (3/10/2019), detikcom menelusuri berbagai aturan baru untuk turis di Arab Saudi. Khususnya soal pakaian.

"Baik pria maupun wanita diminta untuk berpakaian sopan," begitu penjelasannya.

Kategori sopan yang dimaksud adalah baik pria dan wanita tidak memakai baju yang ketat. Selain itu, pakaiannya dilarang memiliki gambar atau tulisan yang ofensif seperti adanya unsur rasisme, diskriminasi, menyerang agama dan sebagainya.

BACA JUGA: Mimpi Setinggi Langit Pariwisata Arab Saudi

Tidak ada penjelasan khusus mengenai jilbab bagi turis wanita (termasuk yang bukan Muslim). Hanya saja, harus memakai pakaian yang menutupi bagian bahu dan lutut.

"Wanita harus menutupi bahu dan lutut di depan umum," begitu tulisnya.

Namun di kawasan Laut Merah yang merupakan kawasan pesisir pantai, terdapat pula pengecualian khusus. Di sana, turis wanita diperbolehkan berbikini.

BACA JUGA: Arab Saudi: Dari Bebas Bikini Sampai Visa Turis



Simak Video "Kedubes Arab Saudi di Belanda Ditembaki!"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA