Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Okt 2019 19:30 WIB

TRAVEL NEWS

Buka Pintu buat Turis Asing, Arab Saudi Tak Lupakan Tamu Allah

Afif Farhan
detikTravel
Jamaah haji di Masjidil Haram (Ardhi Suryadhi/detikcom)
Jamaah haji di Masjidil Haram (Ardhi Suryadhi/detikcom)
Jakarta - Arab Saudi serius menggarap berbagai sektor di samping minyak Bumi. Setelah pariwisata, kini layanan haji akan ditingkatkan lagi lewat Smart Haji.

Dilansir dari Arab News, Rabu (9/10/2019) pemerintah Arab Saudi melalui Wakil Menteri Haji dan Umrah, Abdulfattah Mashat menandatangani nota kesepahaman dengan Abdul Rahman Aljadhai selaku CEO Elm. Elm sendiri merupakan perusahaan teknologi terbesar di Arab Saudi.

BACA JUGA: Lewat Instagram, Arab Saudi Pamerkan Keindahannya

Inti dari hal tersebut adalah Arab Saudi meluncurkan Smart Hajj alias Smart Haji. Ke depannya, bakal ada sistem digitalisasi yang nantinya memudahkan para jamaah haji.

"Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi sedang melakukan transformasi digital yang bekerja sama dengan perusahaan teknologi terkemuka. Ini akan menjadi solusi untuk peningkatan kualitas layanan haji bagi para tamu Allah," kata Abdulfattah Mashat.

Melalui Smart Haji diharapkan jamaah haji makin mudah mendapat layanan informasi saat melaksanakan ibadah. Selain itu, mobilisasi jamaah juga bisa berlangsung aman dan tepat waktu.

Pergerakan jamaah haji pun bisa dipantau dengan baik. Termasuk soal kesehatan jamaah haji, logistik, hingga keselamatan para jamaah.

BACA JUGA: Arab Saudi Terbuka bagi Turis, Tapi Tidak di Makkah dan Madinah

Smart Haji masuk dalam salah satu rancangan strategis dari Saudi Vision 2030. Digagas oleh Pangeran Arab Saudi, Muhammed bin Salman, Saudi Vision 2030 membuat Arab Saudi lebih terbuka kepada dunia dan mendapatkan pendapatan negara dari sektor non-migas.




Simak Video "Kerajaan Buka Fasilitas Minyak Saudi Aramco ke Media"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA