Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Okt 2019 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Haruskah Komodo Dijadikan 'Jurassic Park', Pak Luhut?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Dermaga di Pulau Komodo (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Dermaga di Pulau Komodo (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Jakarta - Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan berujar bahwa akan ada penataan TN Komodo jadi seperti Jurassic Park. Gedung penelitian hingga resor juga akan menyertainya.

Hal di atas seperti melanjutkan wacana tahun lalu soal pembangunan penginapan eksklusif di Pulau Rinca. Namun gemuruh penolakan membatalkan sementara niatan itu.

"Tidak perlu design lagi sebenarnya. Semua pengunjung mancanegara udah sebut komodo ini sebegai second jurassic park," kata Florianus Nandi, guide lokal Flores, dalam pesan singkat dengan detikcom, Jumat (11/10/2019).

Imbuh Flori, komodo itu hanya perlu dijaga agar aman dari pemburu liar. Hewan purba itu tak menyukai banyak bangunan manusia di dekatnya.


"Komodo ini hanya butuh penjagaan ketat supaya tidak lagi terjadi pemburuan liar. Juga akan sangat terganggu bila terlalu banyak bangunan semen dan beton," tegas dia.

Sebelumnya, Luhut juga bilang bahwa akan ada konsep safari di Pulau Komodo dan sekitarnya. Bagaimana tanggapannya?

"Tidak perlu juga. Kalau dia berani juga tolong cabut SK kementrian KLHK terkait zona pemanfaatan di dalam kawasan agar kapitalis tidak punya ruang untuk berinvestasi di kawasan atau pulau-pulau yang ada komodo," kata Flori.

"Komodo tidak butuh di desain. Biarkan alamnya yang cantik itu tetap berkilau. Tingkatkan patroli untuk pengawasan agar tidak lagi ada pencuri yang masuk untuk berburu satwa liar yang ada," pungkas dia.



Simak Video "Ekspedisi Dokter Gigi, Bebersih Pantai hingga Ajari Bocah Sikat Gigi"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA