Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 19 Okt 2019 06:30 WIB

TRAVEL NEWS

Ini 3 Harapan Menteri Yohana untuk Pariwisata Raja Ampat

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Foto: Johanes Randy Prakoso/detikcom
Foto: Johanes Randy Prakoso/detikcom
Waisai - Festival Pesona Bahari Raja Ampat 2019 dibuka oleh Yohana Yembise, Menteri Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak. Ia pun mengungkapkan 3 harapan untuk pariwisata Raja Ampat.

Mewakili Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Yohana mengemukakan 3 poin khusus terkait pariwisata dalam pembukaan Festival Pesona Bahari Raja Ampat 2019 di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC) yang juga dihadiri Gubernur Papua Barat dan Bupati Raja Ampat.




Yang pertama adalah tentang pengembangan bandara di Raja Ampat. Tentunya ini terkait akses masuk wisatawan ke Raja Ampat.

"Perlu pengembangan bandara Raja Ampat sebagai bandara internasional. Tadi saya dengar AirAsia bisa langsung ke Raja Ampat dari Bali," ujar Yohana.

Ini 3 Harapan Menteri Yohana untuk Pariwisata Raja AmpatFoto: (Randy/detikcom)

Selain pembangunan infrastruktur udara, pembangunan infrastruktur laut juga harus menjadi perhatian. Mengingat kondisi geografis Raja Ampat sebagai perairan, akses laut pun jadi sedemikian penting.

"Pembangunan rambu-rambu laut masih kurang dan tolong diperhatikan serta pembangunan dermaga kapal," ujar Yohana, yang juga merupakan putri Papua asal Biak.




Yohana juga berharap agar ke depannya ada lebih banyak investor yang ingin membangun resort atau masyarakat setempat yang ingin membuka honestay. Tak lupa juga perlunya institusi pendidikan pariwisata untuk menyiapkan SDM yang berkualitas. Tujuannya tentu adalah untuk memajukan pariwisata Raja Ampat.

"Pembangunan sejumlah resort atau homestay oleh pengelola lokal di Raja Ampat, lalu pendirian polteknik pariwisata yng salah satunya akan dibangun di Manokwari atau Sorong," tutup Yohana.




Simak Video "Indahnya Raja Ampat, Raja Ampat"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA