Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Okt 2019 21:05 WIB

TRAVEL NEWS

Calon Menteri Pariwisata Sudah Ditunggu Basuki dan Budi Karya

Afif Farhan
detikTravel
Basuki Hadimuljono (Andhika Prasetia/detikcom)
Basuki Hadimuljono (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Pariwisata jadi salah satu fokus Presiden Joko Widodo di periode keduanya. Dua menteri sudah ditugaskan membantu sektor pariwisata, meski belum ketahuan siapa yang jadi menteri pariwisata.

Beberapa tokoh sudah mendatangi Istana Negara sejak Senin (21/10) kemarin. Tokoh-tokoh yang datang ke sana pun diprediksi akan mengisi kursi menteri.

Beberapa nama-nama menteri di periode pertama juga sudah kembali ditunjuk menjadi menteri pada periode kedua Presiden Jokowi. Beberapa di antaranya seperti Sri Mulyani, Budi Karya, hingga Basuki Hadimuljono.

Untuk dua nama terakhir, salah satu tugas dari Jokowi adalah untuk membantu sektor pariwisata. Sebab dalam pidato pelantikan Presiden RI, Jokowi menyebut pariwisata sebagai salah satu fokus utama pemerintahannya.

BACA JUGA: Pariwisata Masuk Fokus Jokowi di Periode Kedua

Selasa (22/10/2019), Basuki Hadimuljono dan Budi Karya datang ke Istana Negara. Mereka kemudian mengaku telah ditunjuk Presiden Jokowi untuk melanjutkan posisinya sebagai menteri; Basuki sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Basuki sebagai Menteri Perhubungan.

Dalam pernyataan kepada wartawan, keduanya pun menyinggung soal pariwisata. Basuki Hadimuljono membicarakan soal infrastruktur dan Budi Karya soal konektivitas.

"Pertama beliau menyampaikan untuk bisa melanjutkan pembangunan infrastruktur seperti yang beliau sampaikan dalam visinya yang kedua, meng-konekkan apa yang sudah dibangun dengan kawasan-kawasan khusus, pariwisata, kawasan industri," kata Basuki.

Calon Menteri Pariwisata Sudah Ditunggu Basuki dan Budi KaryaFoto: Basuki Hadimuljono merapat ke Istana (Andhika Prasetia/detikcom)


Kelanjutan pembangunan infrastruktur ini, menurut Basuki, sesuai dengan visi kedua Presiden Jokowi, yakni membuat wilayah terkoneksi termasuk di kawasan pariwisata.

"Juga pembangunan infrastruktur di kawasan-kawasan destinasi wisata yaitu Danau Toba, Mandalika, Borobudur, Labuan Bajo, dan Likupang," lanjut Basuki menjelaskan.

BACA JUGA: Jokowi, Basuki, dan Infrastruktur Pariwisata

Kalau Budi Karya, dirinya menjelaskan Jokowi menugaskan dirinya untuk meningkatkan konektivitas antarpulau. Selain itu, dia juga diminta mendukung sektor pariwisata.

"Tugas yang selalu disampaikan pak presiden bahwa Indonesia dengan pulau-pulau yang banyak harus dipastikan terjadi satu konektivitas yang baik secara khusus bagaimana kita mendukung Pariwisata dan bagaimana logistik tambah baik," tuturnya.

Calon Menteri Pariwisata Sudah Ditunggu Basuki dan Budi KaryaBudi Karya Sumadi di Istana (Andhika Prasetia/detikcom).


BACA JUGA: Budi Karya Jadi Menhub Lagi, Ditugaskan Dukung Pariwisata

Sekarang yang jadi pertanyaan, siapa menteri pariwisatanya? Kabarnya, Wishnutama santer dibicarakan untuk mengisi posisi tersebut.

Meski begitu, siapapun menteri pariwisata nanti sudah ditunggu Basuki Hadimuljono dan Budi Karya untuk bersama bahu-membahu membangun pariwisata Indonesia.



Simak Video "Wishnutama Jamin Tak Mengecilkan Bekraf di Kementeriannya"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA