Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Okt 2019 11:15 WIB

TRAVEL NEWS

Wishnutama adalah Kejutan Penuh Harapan untuk Pariwisata

Afif Farhan
detikTravel
Wishnutama (kiri) saat dilantik Presiden Jokowi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Andhika Prasetia/detikcom).
Wishnutama (kiri) saat dilantik Presiden Jokowi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta - Pemilihan Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dinilai menjadi kejutan. Kejutan yang penuh harapan untuk pariwisata Indonesia.

Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan nama-nama menteri yang akan membantunya hingga 2024 dalam Kabinet Indonesia Maju. Wishnutama akhirnya resmi jadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

"Yang ke-31, Bapak Wishnutama Kusubandio, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Urusan pariwisata, 10 destinasi wisata baru, mengembangkan industri kreatif berada di wilayah Pak Wishnu," ungkap Presiden Jokowi saat mengenalkan jajaran menterinya di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).

BACA JUGA: Wishnutama, Putra Kelahiran Papua Itu Resmi Jadi Menteri Pariwisata

Praktisi dan pemerhati pariwisata asal Bali, Puspa Negara menyebutkan terpilihnya Wishnutama adalah kejutan bagi industri pariwisata. Sebab tak dipungkiri, Wishnutama bisa dibilang sebagai 'nama baru' di industri pariwisata.

"Kita sebagai pelaku wisata tentu sangat kaget, karena ada banyak prakitisi dan pelaku wisata di Indonesia tetapi tidak dipilih Presiden Jokowi. Namun tentu, keputusan Presiden Jokowi harus kita apresiasi karena itu yang terbaik untuk Indonesia," paparnya kepada detikcom.

Menurut Puspa, selama ini nama Wishnutama sudah tersohor di dunia broadcasting dan entertainment. Mungkin menurutnya, pengalaman Wishnutama itu yang bakal menjadi pembeda dan angin segar untuk industri ekonomi kreatif.

"Sebenarnya pariwisata juga tidak jauh berbeda dari dunia entertainment. Saya rasa, Wishnutama bisa jadi sosok public relation yang kuat untuk pariwisata Indonesia dan industri kreatif," terangnya.

BACA JUGA: Menanti 'Trisula' Wishnutama-Basuki-Budi Karya

Hal serupa juga diungkapkan oleh Taufan Rahmadi, seorang tokoh muda pariwisata yang pernah menjadi Ketua Badan Promosi Pariwisata NTB dan Anggota Tim Percepatan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas. Taufan berujar, dirinya menantikan sentuhan Wishnutama pada sektor pariwisata.

"Hadirnya Wishnutama bisa jadi akselerasi gelombang baru, bagaimana nantinya pariwisata dan ekonomi kreatif disajikan, dikelola, dan dipromosikan di dalam negeri dan mancanegara," katanya.

Wishnutama Adalah Kejutan Penuh Harapan untuk PariwisataWishnutama ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Andhika Prasetia/detikcom).


Selain itu menurut Taufan, Wishnutama dinilai bisa memperkuat Digital Tourism. Khsususnya, untuk mempromosikan pariwisata daerah-daerah Indonesia dan destinasi prioritas melalui digitalisasi.

"Digital Tourism itu sudah jadi backbone pariwisata. Selain dari sisi promosi, ada juga tantangan-tantangan di sana," terangnya.

"Saya rasa, Wishnutama harus segera turun ke lapangan untuk melihat bagaimana dunia pariwisata kita. Ada banyak tantangan yang menantinya," pungkas Taufan.

BACA JUGA: Tugas-tugas Jokowi buat Wishnutama, Sang Menteri Pariwisata Baru



Simak Video "Tak Hadiri Wisuda Putrinya karena Pelantikan, Wishnutama Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA