Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Nov 2019 13:25 WIB

TRAVEL NEWS

Borobudur Marathon 2019 Beri Dampak Positif Bagi Warga

Pradito Rida Pertana
detikTravel
Ilustrasi kawasan wisata Borobudur (Dok. Balkondes)
Ilustrasi kawasan wisata Borobudur (Dok. Balkondes)
Sleman - Hari Minggu besok akan dilangsungkan Borobudur Marathon. Event wisata olahraga itu pun langsung berdampak positif pada industri pariwisata warga sekitar.

Gelaran Borobudur Marathon (Bormar) 2019 yang berlangsung besok, Minggu (17/11/2019) memberi dampak signifikan bagi perekonomian warga di sekitar lokasi acara. Bahkan, layanan kamar yang disediakan oleh Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di sekitar lokasi acara telah ludes.

Penginapan sekitar BorobudurPenginapan sekitar Borobudur (Dok. Balkondes)
Manager Pendampingan Program PT Manajemen CBT Nusantara, selaku pendamping Balkondes, Muhammad Hatta mengatakan, bahwa sebagian besar kamar menginap yang dikelola Balkondes telah habis dipesan tamu. Di mana sebagian besar tamu yanh memesan berasal dari luar kota hingga luar negeri, seperti dari Australia.

"Ada 222 kamar sudah penuh dipesan oleh para pelari dan wisatawan, 222 kamar itu berasal dari 18 Balkondes. Jadi bisa dibilang sudah full booked," ujar Hatta dalam keterangannya di Sleman, Sabtu (16/11/2019).

Selain itu, dampak penuhnya kamar penginapan membuat sektor pariwisata di sekitar lokasi juga ikut terangkat. Menurutnya, hal tersebut memberi dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar.

"Kebutuhan transportasi, spot untuk wisata, kuliner sampai objek-objek lainnya yang ada di Borobudur juga akan terdampak. Seperti di gereja ayam, punthuk setumbu, bukit barede dan sunrise spot lainnya biasanya akan menjadi destinasi favorit selain ada destinasi pop seperti rumah kamera dan lainnya," katanya.

Wisata VW di BorobudurWisata VW di Borobudur (Dok. Balkondes)
"Jadi bisa dikatakan event Bormar ini mampu mendongkrak perekonomian warga sekitar, baik secara langsung maupun tak langsung," imbuh Hatta.

Hatta menambahkan, pihaknya juga menyediakan paket tour menggunakan mobil klasik Volkswagen (VW) sebagai salah satu paket wisata yang tersedia di sekitar lokasi acara. Hatta mengatakan, paket tersebut menawarkan pengalaman berbeda untuk menikmati suasana Candi Borobudur.

"Ada sekitar 70 unit kendaraan VW yang siap melayani tamu Balkondes untuk berkeliling di Candi Borobudur," ucapnya.

Simak Video "Polisi Dalami Kasus Teror Pelemparan Molotov di Sleman"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA