Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 26 Nov 2019 12:10 WIB

TRAVEL NEWS

Turis Vs Airbnb: Rumah Dirusak, Sampai Jadi Tempat Pelacuran

Afif Farhan
detikTravel

Halaman 1 dari 2

Ilustrasi (Thinkstock)

Jakarta - Airbnb merupakan akomodasi online yang tersedia di banyak negara. Namun nyatanya, tak sedikit masalah yang terjadi dengan turis.

Kini ada banyak akomodasi online bertebaran. Modelnya, pemilik rumah menyewakan rumah mereka pada akomodasi online tersebut dan nantinya dijual dengan harga yang bersahabat. Salah satunya adalah Airbnb.

Airbnb terdapat banyak di negara, termasuk juga di Indonesia. Sayangnya karena aturan hukum soal akomodasi online masih 'abu-abu', jadi ada saja masalah yang terjadi.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, Selasa (26/11/2019) berikut aneka permasalahan turis dengan Airbnb:

1. Sewa Airbnb, Keluarga Ini Dikejutkan Kamera Tersembunyi

Satu keluarga dari New Zealand menyewa rumah via Airbnb saat liburan ke Irlandia. Mereka adalah Nealie dan Andrew Barker, beserta 5 anaknya.

Ketika sampai di rumah tempat bermalamnya, semua berjalan baik-baik saja. Hingga Andrew, sang suami menaruh curiga pada suatu benda di dekat perangkat WiFi.

Andrew yang juga berprofesi sebagai ahli IT langsung mencari kebenarannya. Saat log in ke WiFi-nya, Andrew menemukan jaringan 'IP Camera' dan langsung mengakses via ponselnya.

Tak butuh waktu lama, dari ponsel Andrew langsung terhubung ke kamera tersembunyi di rumahnya yang menampilkan suasana dapur dan ruang keluarga. Andrew beserta istrinya sangat terkejut!

"Kita bisa menonton diri sendiri lewat ponsel," kata Andrew.

(CNN Travel)(CNN Travel)


Andrew langsung menghubungi sang pemilik rumah. Awalnya sang pemilik rumah berdalih kalau kamera tersembunyi itu tidak berfungsi. Akan tetapi setelah didebat berkali-kali, pemilik rumah mengakui memang kamera tersembunyi di rumahnya memang berfungsi. Tujuannya, supaya bisa memantau rumahnya saat disewa turis.

BACA JUGA: Hotel di Amerika Kasih Diskon untuk Keluarga Tidak Main Ponsel

Andrew sekeluarga langsung melapor ke pihak Airbnb dan pindah ke hotel terdekat. Pihak Airbnb langsung menanggapi persoalan Andrew, dengan meminta maaf dan mengembalikan seluruh biaya penginapan.

2. Heboh Penginapan Airbnb Berhantu, Turis Diajak Uji Nyali

Cerita soal hantu tidak hanya ada di Indonesia, di luar negeri sampai di Amerika Serikat juga ada. Inilah The Hobo Hill House, penginapan yang terdaftar di Airbnb sebagai penginapan berhantu!!

Lokasinya di Jefferson City, Negara Bagian Missouri, AS. Ceritanya begini, rumah tersebut sudah berumur 100 tahun dan tidak ditempat dalam jangka waktu yang lama. Di tahun 2017, sepasang suami istri Aaron dan Erin Clark membelinya.

Mereka merombak rumahnya menjadi hunian idaman. Waktu terus berjalan, hingga kemudian keanehan-keanehan mistis bermunculan.

"Kami banyak mengalami aktivitas paranormal di dalam rumah, yang mungkin terdengar konyol," kata Aaron.

The Hobo Hill House tampak depan (Airbnb)The Hobo Hill House tampak depan (Airbnb)


Menurut Aaron, seringkali televisi, lampu, pemanas ruangan hingga kran air nyala sendiri. Anjing mereka pun tidak berani mendekati area tertentu di dalam rumah seperti tangga dan ruang bawah tanah.

"Banyak suara-suara aneh, seperti 'hai' atau 'halo' yang memanggil di dalam rumah," ujar Aaron.

Puncaknya, anak mereka yang berusia 8 tahun seringkali berbicara sendiri. Malah, pernah kerasukan!

"Putri kami (Raena), kadang-kadang suka menangis tanpa sebab. Pernah suatu waktu, awalnya menangis lalu dia tertawa dengan senyum yang aneh," ungkap Aaron.

"Setelah itu, saya dan istri pernah melihat sosok besar dengan jubah hitam," tambahnya.

BACA JUGA: Cerita Turis-turis yang Memotret Penampakan Hantu

Otak bisnis Aaron bekerja, mengapa tidak dia sewakan rumahnya di Airbnb dengan tema yang berbeda. Penginapan hantu di Amerika Serikat, turis yang berani boleh uji nyali!

Dalam penelusuran detikcom di website Airbnb, The Hobo Hill House mampu menampung hingga 10 tamu. Ada 5 kamar dan 3 kamar mandi, fasilitas di dalamnya pun lengkap.

Harga per malam menginap di The Hobo Hill House, seharga USD 275 atau sekitar Rp 3,9 juta. Beberapa turis yang menginap di sana mengaku merasakan hal-hal mistis!

(Halaman selanjutnya, rumah dirusak sampai ada yang dijadikan tempat pelacuran) (aff/aff)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA