Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 27 Nov 2019 06:10 WIB

TRAVEL NEWS

Tak Seperti di Film, Faktanya Hiu Takut pada Manusia

Bonauli
detikTravel
Hiu paus (iStock)
Hiu paus (iStock)
Jakarta - Gambaran umum hiu yang ganas dan amat suka memangsa manusia ternyata hanya di film-film. Meski termasuk hewan predator, tak semua hiu ganas lho!

Begitu mendengar kata hiu, yang muncul di kepala adalah gambaran predator ganas yang pasti memangsa manusia. Imej ini terbentuk karena adanya film-film hiu yang diproduksi oleh industri film.

Padahal sebenarnya tak semua hiu seganas itu. Itu merupakan salah satu hal yang terungkap dalam percakapan detikcom dengan Peneliti Hiu dan Pari Badan Riset Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP), Dharmadi.

Hal pertama yang harus kita pahami adalah kedudukan hiu di ekosistem laut. Sebagai predator puncak, hiu bisa dibilang rajanya lautan. Tapi bukan berarti hiu bakal memangsa siapa saja.

"Meskipun sebagai predator puncak namun tidak semua jenis hiu seganas hiu putih (carcharhodon carcharias)," ujar Dharmadi.

Tak Seperti di Film, Faktanya Hiu Takut pada ManusiaFoto: (iStock)


Hiu putih terkenal dengan ukurannya yang besar dan ganas. Jenis inilah yang lazim tampil jadi "bintang utama" di film-film Hollywood. Tapi, sekali lagi, hiu tak selalu memiliki ukuran yang besar dan ganas

Ada lebih dari 500 spesies hiu yang sudah ditemukan. Ukuran tiap spesiesnya berbeda-beda. Kebanyakan dari mereka justru pemalu.

"Ada yang kerdil dengan ukuran 7 inci hingga hiu paus sepanjang 50 kaki," jelas Dharmadi.



Bentuk tubuh yang berbeda membuat mangsa hiu tak selalu sama. Kebanyakan dari hiu makan ikan, crustacea, moluska, plankton, mamalia laut, dan hiu lainnya.

Lalu bagaimana di Indonesia sendiri? "Pada kenyataannya di perairan Indonesia, memang hiu takut pada manusia karena hiu selalu diburu secara masif," tambah Dharmadi.

Berburu hiu dijadikan sebagai mata pencaharian kelompok masyarakat nelayan, karena memiliki nilai ekonomi tinggi. Ini mengapa hiu cenderung lari jika bertemu nelayan. Tapi kamu harus ingat kembali status hiu sebagai predator. Dalam keadaan terancam, hiu akan melawan dan mempertahankan diri dengan menggigit musuh.

Jika bertemu hiu saat sedang menyelam atau snorkeling, usahakan untuk tetap tenang, ya. Kalau tidak mencium bau darah atau terancam, hiu secara umum tidak akan menyerang secara tiba-tiba.




Simak Video "Video Kawanan Hiu Muncul di Pantai Nusa Dua "
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA