Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Des 2019 20:15 WIB

TRAVEL NEWS

Wah! Pohon Kurma Resmi Masuk Daftar Warisan UNESCO

Bonauli
detikTravel
Pohon Kurma (Foto: iStock)
Jakarta - Pohon kurma kini jadi makin istimewa, bukan cuma tanaman biasa. Didominasikan 14 negara, pohon kurma resmi jadi warisan UNESCO.

Sejak dulu, pohon kurma telah ada dan tumbuh di negara-negara Arab. Pohon kurma sudah ditanam sejak 4.000 SM. Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian PBB, Kurma mungkin merupakan pohon yang paling tua ditanam di dunia.

Karena itu, kurma dikenal bukan cuma sebagai sumber makanan tapi juga kehidupan. Dihimpun detikcom dari situs resmi UNESCO, Kamis (19/12/2019) ada 14 negara yang menominasikan pohon kurma sebagai daftar Warisan Budaya Tak Benda Kemanusiaan yang Tak Berwujud UNESCO.


Negara-negara tersebut adalah Bahrain, Mesir, Irak, Yordania, Kuwait, Mauritania, Maroko, Oman, Oman, Wilayah Palestina, Arab Saudi, Sudan, Tunisia, Uni Emirat Arab, dan Yaman.

"Keberadaan Pohon Kurma menjadi pemandu manusia yang bermukim di gurun, karena tumbuhnya pepohonan menandakan adanya irigasi," tulis dokumen tersebut.


Pohon kurma diakui membantu pengembangan peradaban 4 negara tersebut. Selain buah yang manis, pohon kurma juga menghasilkan produk-produk kerajinan tangan, tikar, tali dan furnitur.

Untuk mempromosikan warisan dan produk-produk Pohon Kurma, beberapa negara mengadakan festival tahunan, seperti Festival Kurma Liwa tahunan di UEA dan Festival Kurma di Al-Qassim di Arab Saudi.

Kedua negara Teluk itu termasuk pengekspor Buah Kurma terbaik, menurut International Trade Center yang berbasis di Jenewa.




Simak Video "Heboh Pohon Kurma Berbuah Lebat di Ponorogo!"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA