Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 31 Des 2019 09:09 WIB

TRAVEL NEWS

Malam Tahun Baru, Big Ben Akhirnya Akan Berdentang Lagi

Big Ben di London. (Foto: iStock)
Jakarta - Big Ben akan kembali berdentang di malam tahun baru. Kenapa ini jadi hal istimewa? Soalnya menara jam itu sudah berhenti berbunyi sejak 2017 lalu.

Big Ben yang merupakan landmark Inggris akhirnya akan kembali berbunyi pada malam pergantian tahun. Momen ini tentunya amat dinantikan mengingat menara itu sudah tak berbunyi selama 2 tahun karena tengah diperbaiki.

Jam Big Ben Inggris Akan Kembali Berdentang di Malam Tahun BaruBig Ben di London, Inggris. (Foto: iStock)

Dilansir dari Reuters, sejak akhir Agustus 2017 lalu, Big Ben diselimuti perancah yang memperbaiki jam, mengecat ulang besi, dan membersihkan serta memperbaiki ukiran batu yang rumit di sekitarnya.


Perancah itu perlahan mulai dilepas pada bulan Maret lalu sehingga dapat terlihat angka dan jarum yang semula hitam telah dicat ulang menjadi biru. Menurut ilmuwan, biru merupakan warna asli dari jam tersebut.

Selama masa perbaikan, suara Big Ben memang sengaja dimatikan guna menjamin keamanan seluruh pekerja yang sedang membenahinya. Suara ini berasal dari lonceng besar di dalam jam yang disebut Great Bell. Ketika berbunyi, Great Bell ini akan bergoyang dan bergetar. Suara besar yang ditimbulkan dikhawatirkan akan berdampak negatif untuk pendengaran pekerja.


Big Ben sendiri hanya bersuara pada momen-momen penting seperti malam pergantian tahun nanti. Menurut parlemen Inggris, jelang dibunyikan kembali, Great Bell akan diuji beberapa kali terlebih dahulu.

Usai momen tahun baru, Big Ben akan kembali sunyi. Perbaikan yang menelan biaya 4 miliar poundsterling (sekitar Rp 73 triliun) itu rencananya akan rampung total pada 2021 mendatang.




Simak Video "Pedagang Sekitar Ancol Keluhkan Sepinya Pembeli"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA