Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 14 Jan 2020 21:15 WIB

TRAVEL NEWS

Mengapa Pesawat Dilarang Terbang Melintasi Antartika?

Afif Farhan
detikTravel
Benua Antartika yang tidak boleh dilintasi pesawat (Mario Tama/AFP)
Benua Antartika yang tidak boleh dilintasi pesawat (Mario Tama/AFP)
Antartika - Ada satu aturan bagi pesawat komersil di dunia, yakni dilarang terbang melintasi benua Antartika di Kutub Selatan. Apa alasannya?

Semakin berkembang zaman, semakin banyak pula jenis pesawat bermunculan. Ada yang berbadan besar dan lainnya, yang siap menghadapi berbagai medan dan mendarat di tempat-tempat yang sulit tercapai.

Meski begitu, ada satu tempat yang mana pesawat tidak boleh melintasinya. Tempat itu adalah benua Antartika.



Benua Antartika di Kutub Selatan selalu penuh dengan misteri sampai teori konspirasi. Khususnya, bagi penganut paham 'Bumi Datar'.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, Selasa (14/1/2020) maskapai-maskapai komersil di dunia melarang pesawatnya untuk terbang melintasi Antartika. Alasannya, adalah faktor keselamatan.

Federal Aviation Administration (FAA) Otoritas penerbangan sipil Amerika Serikat misalnya, mereka menjelaskan pesawat-pesawat yang terbang harus berjarak sekitar 1 jam penerbangan dari bandara terdekat jika terjadi keadaan darurat, sehingga pesawat bisa mendarat. Aturan itu disebut Extended Range Operation Two-Engine Airplanes (ETOPS)

Benua Antartika yang penuh esBenua Antartika yang penuh es Foto: (AFP/Johan Ordonez)




"Terbang di wilayah kutub yang kuat magnet Buminya adalah mimpi buruk bagi setiap pilot. Sebab, arah navigasi pada radar menjadi tidak berarti," kata salah seorang pilot dari Amerika Serikat yang tidak mau disebutkan namanya.

Untuk wilayah di Antartika, di sana tidak terdapat bandara yang memadai sebagai tempat mendarat pesawat komersil. Belum lagi lanskapnya yang berupa es, pegunungan, dan tidak dihuni orang.

Jika ada pesawat yang melintas di Antartika dan harus mendarat darurat, maka jadinya 'bencana'. Para penumpang dan awak kabin harus bertahan melawan suhu yang sangat dingin dan sulit mendapat pertolongan karena medan yang ekstrem.

Mengapa Pesawat Tidak Boleh Terbang Melintasi Antartika?Antartika yang sulit berbahaya dilewati pesawat (Mario Tama/Getty Images)




Meski begitu, beberapa pesawat dengan ukuran yang kecil seperti pesawat perintis masih bisa terbang ke Antartika. Itu adalah pesawat-pesawat yang membawa para peneliti, serta yang membawa pendaki gunung untuk mendaki salah satu Seven Summit dunia, Vinson Massif.

Selain Antartika, ada juga beberapa tempat di dunia yang dilarang dilintasi pesawat komersil. Salah satunya kawasan Tibet, karena lanskap Pegunungan Himalaya yang tinggi dan membuat angin kencang serta kabut yang berbahaya bagi pesawat.



Simak Video "Rahasia di Balik Kehidupan Bawah Laut Antartika"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA