Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Jan 2020 13:37 WIB

TRAVEL NEWS

Traveler Korsel Akan Lebih Leluasa Wisata ke Korut?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
DMZ Korea (Foto: CNN Travel)
Jakarta - Warga Korea Selatan bisa segera melancong sendirian ke Korea Utara. Itu berdasarkan peraturan baru yang sedang dipertimbangkan oleh pemerintahnya.

Diberitakan CNN, Kementerian Unifikasi Korea Selatan, yang mengawasi kebijakan terhadap tetangga utara negara itu telah mengisyaratkannya. Hambatan perjalanan solo ke utara dapat dihilangkan di masa depan.

Wakil juru bicara kementerian itu, Kim Eun-han, mengatakan pelancong solo tidak akan dikenai sanksi. Pemerintah terus melihat kemungkinan wisatawan solo selama keamanannya dijamin.


"Mengizinkan orang Korea Selatan dengan visa perseorangan untuk mengunjungi Korea Utara juga dipertimbangkan, tetapi masih terlalu dini untuk memberi tahu Anda tentang proses atau perincian karena ada masalah yang harus ditinjau," kata dia.

Korea dibagi setelah Perang Dunia II dan terlibat konflik antara tahun 1950 dan 1953. Pada tahun 2018, para pemimpin kedua belah pihak berkomitmen untuk denuklirisasi Semenanjung Korea dan berjanji untuk mengakhiri secara resmi Perang Korea (belum pernah dinyatakan berakhir).

Korea Selatan Perbolehkan Warganya Pergi Sendirian ke Korea Utara?Jabat tangan Kim Jong-Un dan Moon Jae-In di DMZ Korea (Foto: Reuters)

Kini, ketegangan di Semenanjung Korea meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Hal itu dikarenakan Korea Utara meningkatkan uji coba rudal dan bersitegang terhadap Amerika Serikat, yang merupakan sekutu Korea Selatan.

Saat ini, hanya ada dua cara bagi warga Korea Selatan untuk mengunjungi Korea Utara, yang dijuluki The Hermit Kingdom karena isolasinya. Opsi pertama adalah pergi langsung ke perbatasan antar kedua negara, seperti perjalanan wisata melintasi Zona Demiliterisasi (DMZ) atau reuni keluarga yang terpisah di Gunung Kumgang, sebuah resor dekat perbatasan.


Orang Korea Selatan masih membutuhkan surat resmi dari Korea Utara dan persetujuan dari Korea Selatan untuk melakukan perjalanan dengan cara ini. Pilihan kedua adalah berkunjung melalui negara ketiga, biasanya China.

Warga Korea Selatan yang ingin mengunjungi Korea Utara tingkat sipil memerlukan surat undangan resmi dari Korea Utara, visa, dan persetujuan pemerintah Korea Selatan. Alasan utama kemudahan izin perjalanan antara kedua Korea adalah waktu.


"Kami melihat urgensi di antara anggota keluarga yang terpisah yang semakin bertambah setiap hari, dan mencari berbagai cara yang mungkin untuk membantu mereka," kata Kim pada briefing 15 Januari.

Artinya, jika warga Korea Selatan dapat memperoleh visa untuk mengunjungi Korea Utara, maka itu termasuk kunjungan solo. Tetapi, para pejabat Korea Selatan masih gelisah tentang keamanan dan keselamatan warganya.

Korea Utara saat ini memiliki industri pariwisata yang kecil dan kontrol yang ketat. Wisatawan akan dipantau dan diamati oleh pemerintah dan tidak dapat mengunjungi tempat tanpa diizinkan.




Simak Video "Video Korut Ledakan Kantor Penghubung dengan Korsel"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA