Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Jan 2020 21:15 WIB

TRAVEL NEWS

Kenalan dengan si 'Penari Spanyol', Cantik tapi Mematikan

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
The Spanish Dancer, si Penari Spanyol cantik yang mematikan. (Foto: iStock)
Brisbane - Seorang traveler menemukan makhluk laut berwarna merah dan putih yang cantik. Tapi jangan tertipu. Si cantik ini sebenarnya beracun dan mematikan.

Stephanie Harrison (29), sedang berjalan-jalan di pantai sore itu. Tiba-tiba, dia menemukan seekor mahkluk laut dengan warna yang sangat cantik, paduan gradasi merah dan putih.

Bentuknya seperti lembaran daging bacon. Makhluk cantik ini terdampar di tepi pantai, di dekat muara Sungai Elliot di negara bagian Queensland, Australia.

"Saya sedang kemping dan memancing dengan suami saya saat menemukan makhluk ini," kata Stephanie seperti dikutip dari News Australia.


Meski terlihat cantik, Stephanie memutuskan untuk tidak menyentuhnya karena dia tidak tahu makhluk apakah tersebut. Keputusan Stephanie untuk tidak menyentuh makhluk laut cantik ini rupanya tepat, karena ternyata makhluk tersebut cukup beracun.

Terlihat Cantik Tapi MematikanFoto: (dok. Istimewa)

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, makhluk laut cantik ini dikenal sebagai The Spanish Dancer alias 'Penari Spanyol'. Nama latinnya Hexabranchus sanguineus.

The Spanish Dancer ini masuk ke dalam kelompok nudibranchia, siput laut. Siput laut berwarna merah terang ini mendapat nama 'Penari Spanyol' karena lenggak-lenggok pergerakannya di dalam air.


Saat berada di dalam air, siput laut ini bergerak mengikuti arus air dengan sangat gemulai. Gerakannya jika dilihat-lihat mirip seperti penari Spanyol yang sedang menari Flamenco.

Oleh sebab itu, para ahli biota laut memberikan julukan The Spanish Dancer kepada hewan ini. Apalagi warnanya yang merah terang, mengingatkan kita pada gaun penari Flamenco yang sering dikibas-kibaskan selama sedang menari.

Terlihat Cantik Tapi MematikanFoto: (dok. Istimewa)

Meski cantik dan gemulai, tapi sebenarnya biota laut ini punya racun yang cukup mematikan untuk para predatornya. Racun ini dimiliki The Spanish Dancer akibat dari mengonsumsi sponge atau terumbu karang. Dia mengakumulasi zat toksik dari mangsanya untuk digunakan sebagai sistem pertahanan dirinya sendiri.

Tak hanya tubuhnya saja yang beracun, telur dari siput laut ini juga mengandung racun yang sama. Predator yang memakannya, bisa mendapat bahaya. Memakan siput laut ini bukannya kenyang, tapi malah bikin sakit.

Belum diketahui dampak racun siput laut ini terhadap manusia, tapi jangan sekali-sekali untuk mencobanya ya! Di dalam dunia hewan, warna tubuh yang terang menandakan bahwa dirinya memiliki racun dan tidak layak untuk dikonsumsi.




Simak Video "Ada Pemakaman Khusus untuk Hewan Laut di India"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA