Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Jan 2020 16:15 WIB

TRAVEL NEWS

Pernyataan Resmi Kemenparekraf Terkait Virus Corona

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama menyambangi gedung KPK, Jakarta, Kamis (9/1/2020). Wishnutama mengaku hendak menyetorkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara (LHKPN).
Menteri Parekraf Wishnutama. (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Terkait wabah virus Corona yang merebak di China dan kini jadi isu global, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI turut mengambil langkah tegas. Berikut pernyataan resmi Kemenparekraf.

Menanggapi maraknya virus Corona, Kemenparekraf mengeluarkan pernyataan resmi dengan tembusan untuk para Deputi, Kadispar se-Indonesia dan para Ketua asosiasi pariwisata Indonesia pada 27 Januari 2020 kemarin. Seperti dilihat detikcom, Selasa (28/1/2020), pernyataannya berbunyi upaya preventif penanggulangan virus Corona untuk semua pihak.

Dalam poin pertama, Kemenparekraf mengajak seluruh kepala dinas pariwisata se-Indonesia untuk memantau arus kedatangan wisatawan mancanegara di pintu masuk kedatangan negara baik darat, langit dan udara di daerahnya masing-masing. Termasuk juga bekerjasama dengan pihak lain terkait dalam upaya pencegahan bagi wisatawan yang terdampak.

Poin kedua, Kemenparekraf meminta semua kepala asosiasi pariwisata dan pemangku kepentingan terkait untuk meningkatman kewaspadaan tinggi serta menyiapkan SDM terlatih untuk tanggap menangani wisatawan dengan gejala Corona. Sedangkan untuk para agen wisata, agar lebih memperhatikan situasi dan imbauan Pemerintah RI terkait penjualan tiket wisata outbound maupun inbound ke Indonesia.

Soal target pasar, para pemangku kepentingan pun diminta untuk mengalihkan kegiatan promosi sementara ke daerah yang tidak terdampak virus Corona.

"Kemenparekraf terus melakukan kordinasi dengan stakeholder terkait untuk merespon kondisi saat ini," bunyi pernyataan resmi Kemenparekraf.

Lebih lanjut, Kemenparekraf berharap agar keadaan segera pulih dan wabah Corona dapat ditangani sesigap mungkin dan tidak meluas serta menyebabkan kekhawatiran lebih lanjut. Statement itu pun ditandatangani langsung oleh Menparekraf Wishnutama.



Simak Video "Wishnutama Tekan Aplikasi Asing Berinvestasi Langsung di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA