Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Feb 2020 13:05 WIB

TRAVEL NEWS

Cara Check In Pesawat Batik Air, Ini Langkah Mudahnya

Niken Widya Yunita
detikTravel
Ilustrasi
Foto: (Batik Air)/Cara Check In Pesawat Batik Air, Ini Langkah Mudahnya
Jakarta -

Zaman sudah canggih, untuk check in kini semakin praktis. Untuk check in pesawat misalnya Batik Air, begini caranya.

Batik Air merupakan maskapai kelas premium milik Lion Grup. Untuk menghindari kemacetan dan antre panjang, maka check in Batik Air bisa online.

Berikut cara check in pesawat Batik Air dilansir dari situs Batik Air:

1. Web Check-in

Web check-in Batik Air dapat dilakukan dengan mengakses fitur atau laman web check-in di situs resmi maskapai. Caranya adalah, buka laman resmi Batik Air, kemudian pilih 'Web Check-in' di bagian halaman website tersebut.


Pada laman web check-in, kamu diminta untuk memasukkan kode pemesanan atau kode booking yang tercantum dalam e-ticket yang telah dipesan melalui website Batik Air atau travel. Lalu kamu akan diminta untuk mengisi nama belakang pemesan tiket atau penumpang yang terdaftar.


Batik Air juga memberikan opsi tambahan yang dapat kamu isi untuk mencari pesanan yang sesuai dengan mengisi nomor penerbangannya seperti 'Flight Number', Departure 'Airport' dan 'Last Name'. Kemudian klik 'Search' dan kamu akan dibawa ke halaman informasi penerbangan dan layanan fasilitas tambahan yang dapat dipilih, seperti pesan makanan dan bagasi tambahan.


Kemudian kamu bisa langsung melanjutkan langkah berikutnya yang akan menampilkan rincian terkait penerbangan. Di sini, kamu juga bisa memilih tempat duduk yang diinginkan dengan menekan 'Select Seats'.


Selesaikan proses check-in dengan mengklik tombol 'Check-in'. Terakhir, kamu akan diberikan pilihan untuk mencetak boarding pass atau menerima file PDF yang akan dikirimkan ke alamat email. Web check-in baru bisa digunakan mulai 24 jam sampai 4 jam sebelum waktu keberangkatan sesuai ketentuan Batik Air.


2. Mobile Check-in


Fasilitas mobile check-in Batik Air dari ponsel bisa diakses melalui iOS dan Android. Pertama, kamu harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi Batik Air. Mobile check-in Batik Air dilakukan 24 jam sampai 4 jam sebelum waktu keberangkatan.


Aplikasi Batik Air juga menyediakan informasi pemilihan kursi, status penerbangan, waktu keberangkatan dan kedatangan, serta status bagasi.


3. Check In di Bandara


Ini bisa jadi pilihan terakhir atau cara ini dilakukan seperti pada umumnya. Check in Batik Air di bandara dilakukan selambat-lambatnya kurang lebih 30 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan domestik. Sedangkan untuk internasional, chek in di bandara dilakukan 45 menit sebelum waktu keberangkatan.


Konter-konter ini biasanya akan tersedia di setiap area keberangkatan bandara. Syarat-syaratnya dengan menunjukkan tanda pengenal (KTP), paspor, dan dokumen penting lainnya untuk keperluan check-in.


Check-in di bandara biasanya ditawarkan bagasi untuk keperluan menaruh barang-barang yang beratnya melebihi 7 kg atau tidak bisa dibawa ke dalam kabin pesawat.


Batik Air menyediakan bagasi gratis 20 kilogram untuk penerbangan domestik kelas ekonomi, dan 30 kilogram untuk kelas bisnis. Kelebihan bagasi Batik Air akan dikenakan biaya tambahan antara Rp 6.000-22.000,00 per kilogram. Besaran biaya dihitung berdasarkan pilihan rute penerbangan.



Simak Video "Antusiasme 12 Asdos Bareng Maudy Ayunda di d'Youthizen"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA