Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Feb 2020 18:05 WIB

TRAVEL NEWS

Arab Saudi Hentikan Umrah, Asosiasi Haji-Umrah Imbau Jemaah Tak Refund

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Umrah dan Artis
Ilustrasi umrah (Foto: Fuad Hasyim/detikcom)
Jakarta -

Perjalanan umrah ke Arab Saudi sedang dilanda wabah virus Corona. Asosiasi haji dan umrah ini meminta jemaah tak melakukan penarikan uangnya (refund).

Maksudnya, Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) mengimbau jemaah tak membatalkan rencana umrahnya. Tapi mereka diminta untuk menjadwalkan ulang.

Ada empat poin imbauan dari Dewan Pengurus Pusat AMPHURI terkait penanganan virus Corona di Arab Saudi ke anggotanya. Pertama, memberi tahu para calon jemaah yang sudah terdaftar dan akan berangkat diminta legawa dan memahami kondisinya, dengan bersabar dan tawakal.

"Pada saat pemerintah Arab Saudi membuka kembali, agar melakukan reschedule reservasi atau pembukuan pesawat, hotel, transportasi dan lain-lain yang berhubungan dengan penyelenggaraan umrah," kata AMPHURI bagi anggotanya dalam rilis resmi, Kamis (27/2/2020).

"Dengan adanya penangguhan sementara ini, diharapkan calon jemaah tidak melakukan pembatalan, tapi melakukan penjadwalan ulang waktu keberangkatannya yang disesuaikan dengan jadwal yang tersedia di PPIU masing-masing," imbuh AMPHURI menegaskan.

AMPHURI ingin anggotanya tetap berkoordinasi dengan pengurus pusat terkait perkembangan informasi selanjutnya. Anggota diminta mendata ulang jemaah yang terdampak virus Corona.

AMPHURI juga terus berkoordinasi dengan pihak terkait, yakni Kemenlu, Kemenag, Ditjen Imigrasi, maskapai hingga provider visa Arab Saudi agar tak ada yang dirugikan. Arab Saudi hari ini mengumumkan penghentian kunjungan umrah untuk jemaah semua negara termasuk Indonesia.

Saudi juga mengatakan pihaknya juga menunda visa-visa untuk kunjungan turis dari negara-negara yang terjangkit virus Corona. Tak hanya melarang kunjungan dalam rangka ibadah umrah, Saudi juga menghentikan sementara kunjungan ke Masjid Nabawi di Madinah.



Simak Video "Arab Saudi Setop Umroh,Travel di Sukabumi Terancam Rugi"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA