Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 07 Mar 2020 15:45 WIB

TRAVEL NEWS

Garuda-Lion Air Bersih-bersih Pesawat dari Corona

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Pembersihan Pesawat Lion Air
Pembersihan pesawat milik Lion Air dari Corona (Foto: Dok. Lion Air)
Jakarta -

Maskapai plat merah Garuda Indonesia hingga Lion Air tanggap dengan penyebaran virus Corona. Mereka ikut memerangi wabah itu dengan menjaga kebersihan kabinnya.

Dimulai dari Garuda Indonesia, dilihat dari akun Instagram resminya, Jumat (6/3/2020), ada unggahan terkait pembersihan pesawat. Terlihat petugas berpakaian pelindung lengkap mengelap kabin dan menyemprotkan disinfektan.

Garuda Indonesia

"Pesawat ini sebenarnya sudah cukup bersih. Kita lakukan disinfeksi terutama di area tertentu, terutama lavatory atau WC," ujar Garuda.

Lebih lanjut untuk menekan penyebaran wabah COVID-19, Garuda Indonesia memprioritaskan kebersihan pesawat dan melakukan upaya ekstra. Tentu yang dilakukan itu agar penumpang tak merasa khawatir lagi.

[Gambas:Instagram]

Garuda Indonesia menyebut bahwa risiko tertular virus Corona di pesawat cenderung lebih kecil. Karena, pesawat yang digunakan maskapai ini sudah modern dan dilengkapi HEPA (High Efficiency Particulate Arresting) atau filter udara yang menjaga kabin tetap bersih.

"Untuk COVID-19 yang diketahui ditularkan melalui tetesan (droplet). Sangat disarankan menjaga tangan Anda tetap bersih dan menghindari menyentuh wajah untuk membantu mengurangi risiko," jelas Garuda Indoensia.

Lion Air

Maskapai berlambang Singa Merah yang jadi induk Batik Air ini juga berkomitmen dalam upaya meminimalisir wabah Corona. Lion Air Group menjalani fase pengerjaan yang meliputi pembersihan pesawat, sterilisasi, penyemprotan, penggantian saringan udara kabin (HEPA), kebersihan kabin, kokpit dan kompartemen kargo.

Lion Air Group melakukan penyemprotan cairan multiguna pembunuh kuman (disinfectant spray) sesuai prosedur yang berlaku, sarung tangan (hand gloves) dan cairan/ gel pembersih tangan (hand sanitizer) guna tindakan preventif dengan mengutamakan kesehatan.

Lion AirPembersihan pesawat Lion Air (Foto: Dok. Lion Air)

Tak hanya itu, proses sterilisasi juga dilakukan di pusat perawatan pesawat (hangar) Batam Aero Technic (BAT). Lainnya, di sana tetap ada pengerjaan perawatan pesawat berkala (schedule maintenance).

Dalam melakukan proses pergantian HEPA, petugas telah diberikan pengetahuan mengenai keselamatan dan telah melakukan tes kesehatan serta melakukan vaksinasi.

Citilink

Anak usaha Garuda Indonesia, Citilink, memiliki program baru dalam memerangi virus Corona. Kampanye itu bernama 'Citilink Traveling Sehat'.

Program ini mengkampanyekan panduan hidup sehat di seluruh bandara di mana Citilink beroperasi. Program ini diselenggarakan secara bertahap mulai 5 Maret 2020.

Direktur Utama Citilink Juliandra menjelaskan bahwa kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap gaya hidup sehat. Terutama masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi dan sering melakukan perjalanan antar kota maupun negara harus menerapkannya.

Dalam kampanye ini, Citilink menyediakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) di titik-titik strategis di 37 bandara yang diterbangi Citilink yakni di boarding gate dan customer service office.

Cairan pembersih tangan Citilink (Cairan pembersih tangan Citilink (Foto: Putu Intan Raka Cinti/detikcom)

Cairan pembersih itu ada pula di atas pesawat yaitu di toilet (lavatory). Citilink juga mengingatkan penumpang lewat keberadaan banner tentang gaya hidup sehat di bandaranya.

Dalam kampanye ini Citilink juga membagikan minuman herbal kepada penumpang di berbagai penerbangan. Kamu bisa memintanya ketika terbang dari Jakarta menuju Denpasar, Batam, Medan, Makassar, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru dan dari Surabaya menuju Balikpapan, Batam, Kupang, dan Pontianak.

Sekali lagi, kampanye utama 'Citilink Traveling Sehat' yakni mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer, jangan memegang area muka, mengonsumsi makanan bergizi, memperhatikan travel warning sebelum bepergian, menggunakan masker kesehatan bila merasa kurang sehat, menerapkan etika batuk dan bersin yang benar, dan segera mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat apabila merasa kurang sehat.



Simak Video "Istirahatkan 70% Pesawat, Garuda Lakukan Prolong Inspection"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA