Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 14 Mar 2020 05:05 WIB

TRAVEL NEWS

Wah! Komodo Ini Berhasil Telurkan 3 Anakan Tanpa Pejantan

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Komodo yang lahir dari proses partenogenesis.
Komodo di Tennessee bertelur dan berhasil hingga menjadi anakan tanpa pejantan. (Darian Lindsay/Chattanooga Zoo)
Tennessee -

Disebut hampir punah, sebuah komodo betina di kebun binatang AS berhasil menelurkan 3 ekor anak. Menariknya, ia menelur tanpa bantuan komodo jantan.

Fenomena tak biasa itu pun dialami oleh seekor komodo betina bernama Charlie di Chattanooga Zoo, Tennessee, AS. Dilansir detikcom dari CNN, Kamis (12/3/2020), Charlie pun disebut sebagai komodo pertama yang berhasil menelurkan anak secara independen pada bulan Agustus tahun 2019 lalu.

Hal itu pun diketahui lewat unggahan di laman Facebook Chattanooga Zoo. Dalam unggahannya, pengelola kebun binatang mengatakan bahwa sebelumnya Charlie telah dijodohkan dengan komodo jantan lain yang bernama Kadal.

Hanya ketika dites DNA, ternyata Charlie berhasil menelurkan 3 ekor anaknya tanpa bantuan Kadal melainkan seorang diri. Charlie berhasil menelurkan 3 ekor anak lewat proses partenogenesis.

"Staf kami begitu takjub dan senang dapat menyaksikan keajaiban ini. Berhubung komodo dikategorikan hampir punah, proses peneluran ini terasa lebih spesial dan merepresentasikan masa depan yang lebih cerah bagi spesies mereka," ujar Presiden dan CEO Chattanooga Zoo, Dardenelle Long.

Komodo Ini Berhasil Telurkan 3 Anak Tanpa JantanKetiga ekor anak komodo yang lahir dari proses partenogenesis (Darian Lindsay/Chattanooga Zoo)

Secara teknis, partenogenesis merupakan bentuk reproduksi aseksual di mana betina memproduksi sel telur yang yang berkembang tanpa melalui proses fertilisasi. Di mana bentuk reproduksi ini sangat langka terjadi di kalangan vertebrata seperti dituliskan Scientific American.

Komodo diketahui hidup secara terisolir dan kerap bertingkah agresif ketika dihampiri. Hal itu diketahui telah membuat mereka berevolusi secara seksual dan partenogenetik.

Dari peneluran mandiri itu, Charlie berhasil menelurkan tiga komodo jantan bernama Onyx, Jasper dan Flint. Traveler yang berkunjung ke Chattanooga Zoo pun bisa melihat Charlie dan ketiga ekor anaknya sejak awal Maret 2020 lalu.



Simak Video "2 Orang Tewas dan 14 Terluka dalam Penembakan Massal di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA