Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 27 Mar 2020 14:17 WIB

TRAVEL NEWS

Mudik Mau Dilarang, Bagaimana yang Sudah Beli Tiket Pulang Kampung?

Tim detikcom
detikTravel
Mudik
Ilustrasi mudik dengan berbagai moda transportasi Foto: Mindra Purnomo
Jakarta -

Untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19) agar tidak semakin meluas ke seluruh Indonesia, pemerintah sedang mempertimbangkan untuk melarang masyarakat mudik pada saat Lebaran.

Pemerintah sedang mengkaji larangan untuk mudik sebagai antisipasi penyebaran virus corona. Masyarakat juga diminta untuk tetap di rumah dan tidak berpergian ke luar daerah.

Lalu, bagaimana bagi masyarakat yang sudah membeli tiket sejak jauh hari? Apakah tiket bisa di-refund?

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan operator transportasi diminta untuk menerima permintaan pengembalian tiket tanpa potongan. Hal ini merupakan arahan dari Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang merangkap Menhub Ad Interim.

"Menyangkut pembelian tiket, kemarin arahan Pak Menko Maritim jelas dan tegas agar itu dikembalikan dan nggak ada pemotongan," kata Budi lewat video conference bersama wartawan, Jumat (27/3/2020).

Dia juga meminta proses pengembalian tiket tidak dilakukan secara langsung. Operator harus menyiapkan refund tiket secara online.

"Orangnya juga jangan dibuat datang ke stasiun atau terminal tapi online," ungkap Budi.

Soal pelarangan mudik sendiri, menurut Staf Khusus Bidang Komunikasi Menteri Perhubungan Adita Irawati, pihaknya memang berkomitmen tegas untuk mengusulkan larangan. Namun, keputusan akan diambil usai melakukan rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo.

"Pada intinya, sebenarnya kita akan melarang mudik cuma butuh keputusan tinggi di ratas. Mengapa dilarang? Karena ini (mudik) menjadi potensi perluasan virus," kata Adita pada kesempatan yang sama.

Minta bantuan RT-RW...

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Soal Sanksi Penuh Berlaku Hari Ini, Kemenhub: Kewenangan Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA