Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Apr 2020 22:12 WIB

TRAVEL NEWS

Dampak Sepi Wisatawan, Penyu di Pantai Florida Berkembang Pesat

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Penyu di Pantai Florida
Foto: (Sea Turtle Concervancy)
Jakarta -

Corona menyebabkan banyak tempat wisata terpaksa ditutup, termasuk pantai Florida. Tapi, kabar baiknya, para penyu yang hidup di sana kini berkembang pesat.

Seperti dilansir CNN Travel, Kamis (23/4/2020), saat Corona banyak meresahkan masyarakat karena penyebarannya yang cepat dan berisiko kematian, ternyata ada dampak positif bagi sebagian pantai. Para peneliti melihat hanya ada sedikit plastik dan limbah, karena faktor-faktor ini pula, penyu-penyu bisa berkembang dengan baik.

Menurut Eksekutif Direktur Konservasi Penyu, saat ini musim penyu bagi penyu belimbing tengah berlangsung. Sebagian besar berada di timur tengah dan pantai tenggara Florida.



Mereka bersarang dalam jumlah yang lebih sedikit. Kemudian di bulan-bulan musim panas adalah waktunya penyu-penyu menetas. Dibutuhkan waktu sekitar 60 hari bagi telur penyu untuk menetas, menurut Godfrey.

Namun biasanya, dalam waktu 60 hari di pantai yang aktif dengan kedatangan orang-orang, telur penyu bisa terinjak-injak. Bahkan orang-orang juga bisa menggali dan mendapatkan telur yang masih membutuhkan perlindungan. Nah, saat ini, di mana pantai sepi dari pengunjung situasi yang dihadapi pun berbeda.

"Saya pikir ada kemungkinan kuat bahwa kita akan melihat penurunan dampak yang disebabkan manusia pada penyu laut tahun ini," kata Godfrey.

"Masih terlalu dini untuk mencoba dan menggunakan angka untuk menunjukkan apa yang kita semua pikirkan dan harapan sedang terjadi. Angka-angka itu belum ada di sana, saya mendengar bahwa musim ini berjalan cukup baik sejauh ini, ini merupakan awal yang baik,"

Tak adanya wisatawan memang memberi pengaruh baik bagi penyu. Namun, apa yang akan terjadi ketika pantai dibuka kembali dan telur penyu mulai menetas?

Direktur Riset di Loggerhead Marinelife Center,Justin Perrault mengatakan timnya tidak khawatir akan hal ini. Walaupun diperkirakan nanti pantai akan kedatangan gerombolan orang ke pantai setelah lockdown yang sangat lama.

"Jika ada (penyu) jumlah yang banyak di pantai, maka akan lebih banyak interaksi dengan penyu, yang bisa negatif jika mereka tidak mengikuti aturan," kata Perrault.

Di Pantai Juno, 60 mil utara Fort Lauderdale, Perrault mengatakan kepada CNN bahwa mereka telah menghitung ada 72 sarang di pantai ini. 71 di antaranya adalah sarang penyu belimbing dan satu adalah sarang tempayan.

Ketika musim bersarang yang memuncak di akhir Oktober, Godfrey mengatakan bahwa para peneliti akan dapat mengukur seberapa sukses perkembangan para penyu. Di akhir April ini adalah waktu di mana mereka bisa melihat anak-anak penyu belimbing.

Kota Jacksonville di Florida mengumumkan bahwa pantai dan taman di Duval County akan dibuka dengan batasan tertentu. Satu hari pantai akan buka dua kali, yaitu pada jam 6 pagi dan 5 sore.




Dalam sebuah pernyataan di sebuah video, Walikota Lenny Curry mengutip perintah dari eksekutif Gubernur Florida Ron DeSantis dan mengatakan bahwa pantai-pantai hanya akan dibuka untuk kegiatan-kegiatan penting seperti berjalan, bersepeda, hiking, memancing , berlari, berenang , merawat hewan peliharaan dan berselancar dan tetap menerapkan jarak sosial.

Jumlah pengunjung yang ada di pantai pun dibatasi, yaitu kurang dari 50 orang. Sedangkan taman kota akan dibuka di jam-jam normal, akan tetapi lokasi pertemuan seperti paviliun dan arena piknik akan tetap ditutup.



Simak Video "Update! Kasus Positif Covid-19 di RI Capai 109.936 Per 1 Agustus"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA