Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Mei 2020 08:32 WIB

TRAVEL NEWS

Fosil Dinosaurus Penghuni Terakhir Bumi Ada di Argentina

Femi Diah
detikTravel
TOKYO - MARCH 13:  Megaraptor namunhuaiquii is displayed during the
Ilustrasi megaraptor (Getty Images/Junko Kimura)
Jakarta -

Ahli paleontologi dari Museum Ilmu Pengetahuan Alam Argentina menemukan sisa-sisa megaraptor berumur 70 juta tahun. Seperti apa megaraptor itu?

Megaraptor itu ditemukan di provinsi selatan Santa Cruz pada pertengahan Maret 2020. Setelah dipelajari, fosil berukuran 10 meter (32 kaki) itu disimpulkan sebagai sisa-sisa dinosaurus predator dari akhir "zaman dinosaurus."

"Ini adalah momen, 65 juta tahun yang lalu, ketika kepunahan dinosaurus terjadi. Megaraptor yang sedang kami pelajari ini akan menjadi salah satu wakil terakhir dari kelompok ini," Fernando Novas, ahli paleontologi yang bertanggung jawab atas proyek penelitian itu, seperti dikutip Reuters.

Tidak seperti Tyrannosaurus rex, megaraptor lebih ramping yang menunjang kecepatan. Selain itu, megaraptor memiliki ekor panjang yang memungkinkan untuk menjaga keseimbangan.

Megaraptor juga memiliki kaki yang berotot, tetapi memanjang untuk mengambil langkah panjang.

"Karakteristik utama para megaraptor adalah mereka memiliki lengan yang sangat panjang dan ibu jari memiliki cakar sekitar 40 sentimeter. Itu memungkinkan mereka untuk menangkap mangsa," ujar Novas.



Simak Video "Mengenal Paleoartist, Ilustrator Manusia Purba dan Dinosaurus"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA